Share

Cara Menabung dengan Gaji Pas-pasan, Hasilnya Wow Banget

Shelma Rachmahyanti, MNC Media · Minggu 27 Maret 2022 18:15 WIB
https: img.okezone.com content 2022 03 27 622 2568592 cara-menabung-dengan-gaji-pas-pasan-hasilnya-wow-banget-BWxwfUGwMK.jpg Tips Mengatur Keuangan. (Foto: Okezone.com/MotionBanking)

JAKARTA Gaji pas-pasan bukan berarti tidak bisa menabung. Tabungan harus diupayakan karena sebagai alternatif agar memiliki uang nantinya.

Adapun uang tersebut akan digunakan pada keadaan darurat atau bekal masa depan.

Namun, dengan kebutuhan yang semakin banyak, tidak sedikit orang yang masih kesulitan untuk menabung. Terlebih jika mempunyai gaji yang pas-pasan.

Baca Juga: Mengenal Selingkuh Keuangan, 76% Bisa Bikin Rumah Tangga Retak

Perencana Keuangan dari Mitra Rencana Edukasi (MRE) Mike Rini mengatakan, seseorang yang mempunyai gaji pas-pasan tetap bisa menabung. Namun, menabung harus disesuaikan dengan kemampuan masing-masing.

“Jadi, saat memiliki gaji yang rasanya pas-pasan sebenernya kita tetap mampu kok menabung asalkan sesuai dengan kemampuan kita yaitu dengan gaji pas-pasan,” katanya saat dihubungi MNC Portal Indonesia, Minggu (27/3/2022).

Baca Juga: Intip Rincian Biaya Hidup di Bekasi, Rp10 Juta Cukup?

Menurutnya, bisa menabung tidak tergantung dari besar atau kecil gaji seseorang. Melainkan yang utama adalah kedisiplinan.

“Di sini saya berbagi tipsnya, jadi ini pengalaman sendiri ya dulu juga pernah gaji pas-pasan tuh. Wah tapi tetap bisa nabung kok karena itu semata mata bukan besar kecilnya gaji tapi kedisiplinan kita,” ujar Mike.

Lanjut Mike, menabung bisa dimulai dengan nominal yang sedikit. Misalnya bisa memakai uang receh dari sisa belanja.

Adapun jika ingin menabung dalam jumlah yang besar, salah satunya Anda bisa memanfaatkan dana Tunjangan Hari Raya (THR).

“Kemudian, kita bisa menabung dari THR. Kalau gaji kita pas-pasan kayaknya habis terus. Kita hanya sanggupnya dari recehan dari uang kembalian. Nah begitu ada gaji ke 13 seperti THR atau dapat bonus, itu kita bisa manfaatkan untuk menjadi ajang menabung lebih besar,” jelas dia. 

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini