Share

Harga Minyak Turun Akibat China Lockdown Shanghai

Feby Novalius, Okezone · Selasa 29 Maret 2022 06:48 WIB
https: img.okezone.com content 2022 03 29 320 2569434 harga-minyak-turun-akibat-china-lockdown-shanghai-Q3V3xp70mc.jpg Harga Minyak Mentah Turun. (Foto: Okezone.com/Reuters)

MELBOURNE - Harga minyak dunia turun di tengah kekhawatiran permintaan China dan harapan damai Rusia-Ukraina. Shanghai ditutup untuk menekan lonjakan kasus Covid.

Sedangkan harga minyak mentah turun di tengah prospek penurunan tajam dan karena Ukraina dan Rusia menuju pembicaraan damai.

Baca Juga: Embargo Minyak Rusia Bikin Harga Brent Meroket 3%

Minyak mentah berjangka West Texas Intermediate (WTI) AS menyentuh level terendah USD103,46 per barel tak lama setelah pembukaan dan turun USD2,09 atau 2%. Minyak mentah berjangka Brent siap untuk dibuka sekitar USD3 lebih rendah, juga setelah meluncur sekitar 7% di sesi sebelumnya.

Ukraina dan Rusia akan bertemu di Istanbul pada hari ini untuk pembicaraan damai pertama mereka dalam lebih dari dua minggu. Sanksi yang dikenakan pada Rusia setelah menginvasi Ukraina telah membatasi pasokan minyak dan awal bulan ini mengirim harga ke level tertinggi 14 tahun. 

Baca Juga: Harga Minyak Terus Turun dalam 5 Hari, Brent Anjlok 1,9%

Rusia menyebut tindakannya di Ukraina sebagai "operasi khusus" untuk melucuti senjata tetangganya. Demikian dilansir dari Reuters, Selasa (29/3/2022).

Mengimbangi kekhawatiran tentang pasokan yang ketat, penguncian di Shanghai selama sembilan hari diperkirakan akan menekan permintaan bahan bakar di China, importir minyak terbesar dunia.

Data lalu lintas dari Baidu menunjukkan puncak lalu lintas pagi di kota itu turun 45% karena para pekerja tinggal di rumah, kata analis ANZ dalam sebuah catatan.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini