Share

Antrean PCR Membeludak, 5 Ribu PPLN Tiba di Bandara Soetta Tiap Hari

Azhfar Muhammad, Jurnalis · Selasa 29 Maret 2022 08:51 WIB
https: img.okezone.com content 2022 03 29 320 2569477 antrean-pcr-membeludak-5-ribu-ppln-tiba-di-bandara-soetta-tiap-hari-C85qNI926K.jpg PPLN Tes PCR di Bandara Soetta. (Foto: Okezone.com/AP 2)

JAKARTA - Kedatangan Pelaku Perjalanan Luar Negeri (PPLN) melalui Bandara Soekarno-Hatta secara rata-rata berkisar 5.000 orang setiap harinya. Hal tersebut disampaikan merespons atas adanya lonjakan antrean pada 27 Maret 2022, di mana antrean PPLN yang akan melakukan RT-PCR di area kedatangan internasional di Terminal 3 Bandara Soetta.

“Untuk kedatangan PPLN yang datang melalui Bandara Soekarno-Hatta saat ini secara rata-rata berkisar 5.000 orang setiap harinya,” kata Executive General Manager Bandara Soekarno-Hatta Agus Haryadi, Selasa (29/3/2022).

Baca Juga: PPLN Membeludak di Soetta, Begini Cara Satgas Covid-19 Atur Antrean PCR

Meski begitu, pihak Angkasa Pura II dan pengelola telah melakukan sejumlah penanganan untuk mempermudah dan memperlancar datangnya PPLN, sehingga PPLN dapat menjalani prosedur kedatangan internasional.

“Jadi kita telah melakukan penambahan lokasi tes RT-PCR di curbside, kemudian tenaga kesehatan untuk pengambilan sampel RT-PCR juga akan ditambah guna menghindari dan mengurai antrean panjan,” tambahnya.

Seperti diketahui, PPLN yang baru tiba di Indonesia wajib menjalani tes RT-PCR di pintu masuk kedatangan (entry point) sesuai Surat Edaran Satgas Nomor 15/2022 dan Surat Edaran Kementerian Perhubungan Nomor 33/2022.

Baca Juga: PPLN Membeludak di Soetta, Ketua Satgas: Masih Ada Potensi Kembali Terjadi Penumpukan

Agus Haryadi mengatakan pihak AP II siap mendukung berbagai fasilitas dan personel guna menjaga penerapan petunjuk pelaksanaan PPLN sesuai regulasi dapat berjalan dengan baik.

“Seluruh penumpang pesawat agar menerapkan protokol kesehatan dengan baik, khususnya menjaga jarak, menggunakan masker, dan sering mencuci tangan." Pungkasnya.

Sempat Membludak di Terminal 3 Soetta, Pihak Bandara Tambah Lokasi Tes RT-PCR Bagi PPLN

Agus Haryadi mengatakan stakeholder Bandara Soekarno-Hatta telah menambah okasi tes RT-PCR bagi PPLN ditambah di curbside (selasar) di area kedatangan internasional Terminal 3.

“Stakeholder antara lain AP II dan Satgas Udara Penanganan Covid-19 telah berkoordinasi, bahwa mulai hari kemarin terdapat dua lokasi atau titik tes RT-PCR bagi PPLN yang baru mendarat di Bandara Soekarno-Hatta, yaitu di dalam area kedatangan internasional Terminal 3 dan di selasar Terminal 3,” kata Agus Haryadi.

Jajaran stakeholder di Bandara Soekarno-Hatta melakukan penambahan lokasi/titik pengambilan sampel tes RT-PCR bagi PPLN yang baru tiba agar protokol kesehatan dapat berjalan dengan baik dan proses kedatangan internasional berjalan lancar setelah melalui area imigrasi dan Bea Cukai.

“Seperti diketahui, PPLN yang baru tiba di Indonesia wajib menjalani tes RT-PCR di pintu masuk kedatangan (entry point) sesuai Surat Edaran Satgas Nomor 15/2022 dan Surat Edaran Kementerian Perhubungan Nomor 33/2022,” tambahnya.

Menurutnya, Keberadaan lokasi tes RT-PCR di curbside Terminal 3 ini guna mendukung lokasi tes RT-PCR yang berada di dalam area kedatangan internasional Terminal 3.

“Dengan penambahan lokasi RT-PCR di curbside, maka kami berharap proses kedatangan internasional dapat berjalan lebih lancar di tengah tren peningkatan kedatangan PPLN.” ungkapnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini