Share

Belanja Negara Rp282,7 Triliun, Sri Mulyani: APBN untuk Pulihkan Ekonomi

Michelle Natalia, Jurnalis · Selasa 29 Maret 2022 17:17 WIB
https: img.okezone.com content 2022 03 29 320 2569845 belanja-negara-rp282-7-triliun-sri-mulyani-apbn-untuk-pulihkan-ekonomi-uGGMP07tlz.jpg Sri Mulyani sebut belanja negara untuk pemulihan ekonomi (Foto: Antara)

JAKARTA - Realisasi belanja negara mencapai Rp282,7 triliun atau 10,4% dari pagu APBN 2022. Belanja negara pada APBN 2022 diarahkan untuk meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia melalui pembangunan bidang kesehatan, perlindungan sosial, pendidikan, serta prioritas pembangunan untuk mendorong pertumbuhan ekonomi.

β€œIni semuanya menggambarkan APBN akan terus berperan untuk tadi memulihkan ekonomi dan tetap menangani pandemi. Karena itu penting memulihkan ekonomi melalui pembangunan infrastruktur, memulihkan ekonomi dengan mendukung UMKM, memulihkan ekonomi melalui belanja negara, dan juga untuk menyelamatkan masyarakat dari sisi kesehatan masih menjadi prioritas meskipun angkanya mulai menurun,” ujar Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati dikutip, Selasa (29/3/2022).

Realisasi belanja barang bulan Februari 2022 mencapai Rp14 triliun. Jumlah ini mengalami penurunan jika dibandingkan tahun lalu, menunjukkan kondisi yang membaik dengan belanja kebutuhan penanganan kesehatan yang menurun.

Sementara itu, belanja modal 2022 difokuskan untuk menyelesaikan proyek infrastruktur prioritas dan mendukung modernisasi peralatan pertahanan dan keamanan. Belanja modal yang terealisasi hingga Februari sebesar Rp8,9 triliun.

Untuk realisasi anggaran perlindungan sosial mengalami peningkatan pertumbuhan. Hal ini didorong oleh penyaluran subsidi energi dan penyaluran bantuan sosial antara lain melalui Program Indonesia Pintar, Penerima Bantuan Iuran, Program Keluarga Harapan, dan Kartu Sembako untuk menjaga daya beli masyarakat. Hingga Februari 2022, realisasi anggaran perlindungan sosial sebesar Rp49 triliun.

Sedangkan realisasi anggaran pendidikan meningkat cukup tinggi dari beberapa tahun sebelumnya didorong oleh realisasi anggaran pendidikan melalui Transfer ke Daerah dan Dana Desa (TKDD).

β€œBelanja anggaran pendidikan meningkat sangat tinggi yaitu mencapai Rp57,7 triliun atau melonjak 35,8%,” pungkas Sri.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini