Share

Menteri PUPR Siap Bangun IKN, Sri Mulyani Singgung soal Anggaran

Iqbal Dwi Purnama, Jurnalis · Selasa 29 Maret 2022 18:21 WIB
https: img.okezone.com content 2022 03 29 470 2569896 menteri-pupr-siap-bangun-ikn-sri-mulyani-singgung-soal-anggaran-eM8IGqwCBr.jpg Menteri PUPR siap bangun IKN, Sri Mulyani singgung anggaran. (Foto: Okezone)

JAKARTA - Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono mengatakan konsep pembangunan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara, Kalimantan Timur siap dieksekusi.

Basuki menyebut beberapa infrastruktur penunjang pembangunan juga sudah dilakukan. Seperti misalnya akses jalan untuk mengangkut material pembangunan, dan bendungan untuk pengairan.

"Kalau yang air sudah, misal kaya bendungan Sepaku, Jalan lingkar di sepaku sudah," ujar Basuki di Kampus PUPR, Selasa (29/3/2022).

 BACA JUGA:Berkemah di IKN, Jokowi ke Menteri PUPR : Pak Basuki Malam-Malam Masih Bekerja

Basuki mengatakan, saat ini tengah menyusun rancangan untuk jalan tol untuk akses masuk ke kawasan KIPP (Kawasan Inti Pusat Pemerintahan).

"Nah sekarang desain untuk jalan tol dan kekawasan juga sudah kita bikin," ucapnya.

Meski demikian, pembangunan infrastruktur lainnya masih belum dilakukan sebab anggarannya belum tersedia saat ini.

"Kita baru akan memproses tendernya, untuk pembangunannya, itu baru kita hitung detailnya, tapi kita sudah menyiapkan untuk di KIPP," katanya.

Adapun, Menteri Keuangan Sri Mulyani menambahkan apa yang sudah didesain dan dikonsepkan untuk membangun Ibu Kota Baru itu nanti akan di presentasikan terlebih dahulu kepada Presiden.

Hal tersebut berfungsi untuk menghitung berapa anggaran yang dibutuhkan.

 BACA JUGA:Kepala Otorita Blak-blakan soal Bangun IKN Pakai Saweran Uang Rakyat

Serta pemantapan konsepnya yang sudah dilakukan sebelumnya, terutama untuk pembangunan kawasan inti IKN Nusantara.

"Nantikan bapak presiden minta dipresentasikan dulu, berapa kebutuhannya, karena dari sisi rencana induknya, kawasan induknya, bapak Presiden masih minta dipresentasikan," pungkasnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini