Share

Operasional Angkutan Barang Dibatasi Selama Mudik Lebaran 2022, Ini Jadwalnya!

Azhfar Muhammad, MNC Portal · Jum'at 08 April 2022 11:29 WIB
https: img.okezone.com content 2022 04 08 320 2575413 operasional-angkutan-barang-dibatasi-selama-mudik-lebaran-2022-ini-jadwalnya-QDFM4MwytG.jpg Angkutan Barang Dibatasi Pada Mudik Lebarang 2022 (Foto: Okezone)

JAKARTA - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) akan melakukan pembatasan terhadap angkutan barang di Masa Mudik Lebaran 2022.

Menurut Dirjen Perhubungan Darat Kemenhub Budi Setiyadi mengatakan Pengaturan pembatasan operasional angkutan barang dilakukan terhadap mobil barang atau truk bermuatan besar atau kendaraan sumbu tiga atau truk 3 keatas.

“Kita sudah sepakat dengan Korlantas Polri berdasarkan hasil diksusi kemarin, dalam rangka menyambut Ramadan ini kita lakukan pembatasan barang (bukan pelarangan) logistik tanggal 28-29 April kita akan lakukan di tanggal itu,” kata Dirjen Perhubungan Darat Budi Setiyadi dalam Media Briefing Kesiapan Angkutan Lebaran di Jakarta, Jumat (8/4/2022).

Kemudian lanjut dia hal ini juga akan diselenggarakan selaras dengan penggunaan jalan tol dan non tol di sejumlah ruas di beberpa wilayah.

“Ada beberapa komoditas seperti BBM, sembako diperbolehkan dan ini diberlakukan khususnya bagi kendaraan sumbu tiga atau truk 3 ke atas,” tambahnya.

Adapun pembatasan ini akan diberlakukan tak hanya di kawasan DKI Jakarta, namun Kemenhub akan menyelenggarakannya di sejumlah jalan nasional di Jawa hingga Bali.

Baca Juga: Presiden Jokowi Sebut Sistem Penyaluran BLT BBM yang Dijalankan Sudah Bagus

“Gilimanuk-denpasar, ada di Sumatera Medan, kita juga bersama Korlantas Polri sudah melakukan simulasi Contraflow yang baik secara teknis antara dilantas polda juga masing-masing polda,” paparnya.

Adapun dampak dari manajemen yang dilakukan oleh Polda dan Korlantas polri akan mendorong pengaplikasian dari Contraflow yang akan diberlakukan oleh Kemenhub.

Sebelumnya Surat Edaran Nomor 40 Tahun 2022 tentang Pengaturan Operasional Angkutan Barang Pada Masa Arus Mudik dan Arus Balik Selama Angkutan Lebaran Tahun 2022.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini