Share

Fakta-Fakta Darah Luhut Diambil Terawan untuk Vaksin Nusantara, Nomor 2 Jadi Catatan

Shelma Rachmahyanti, Jurnalis · Minggu 10 April 2022 04:13 WIB
https: img.okezone.com content 2022 04 09 320 2575944 fakta-fakta-darah-luhut-diambil-terawan-untuk-vaksin-nusantara-nomor-2-jadi-catatan-NEG7do3lFG.jpg Menko Luhut Temui Mantan Menteri Kesehatan Terawan. (Foto: Okezone.com/Tangkapan Layar)

JAKARTA – Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan bertemu dengan mantan Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto.

Berikut fakta Terawan hingga Menko Luhut banggakan vaksin karya anak bangsa yang dirangkum di Jakarta, Minggu (10/4/2022).

1. Menko Luhut Ambil Darah

Menko Luhut tengah menjalani proses pengambilan darah untuk diproses menjadi vaksin Nusantara di Kawasan RSPAD Gatot Soebroto.

Baca Juga: 6 Fakta Terawan Agus Putranto Eks Menkes yang Dipecat, Pensiunan Jenderal yang Miliki Kekayaan Nyaris Rp100 Miliar

“Kenapa sih kita enggak bangga dengan temuan (Vaksin Nusantara) karya anak bangsa. Kita terlalu berpikir negatif. Saya coba ini (vaksin) kita buanglah pikiran negatif. Negatif terhadap anak bangsa sendiri,” kata Menko Luhut dalam video tersebut dikutip.

2. Luhut Datangi Terawan

Luhut mendatangi Terawan untuk pengambilan darah yang lalu diproses dengan metode sel dendritik untuk kemudian disuntikkan kembali menjadi Vaksin Nusantara yang disebut-sebut sebagai salah satu Vaksin Covid-19.

Baca Juga: Temui Terawan dan Dapat Vaksin Nusantara, Menko Luhut: Kenapa Sih Kita Tak Bangga dengan Karya Anak Bangsa?

“Saya pikir anak bangsa, banyak karya-karyanya. Kita harus hargai. Apa mesti dari luar semua? Kan tidak,” tegas Luhut.

3. Polemik Terawan dan IDI Diharap Temui Titik Terang

Luhut berpesan, agar polemik antara Terawan dan Ikatan Dokter Indonesia (IDI) bisa segera menemui titik terang. Karena menurutnya Terawan sudah terbukti banyak membantu pasiennya dengan metode cuci otak Digital Subtraction Angiography (DSA) yang diperdebatkan.

4. Pemecatan Tak Berkaitan dengan Vaksin Nusantara

Pengurus Besar Ikatan Dokter Indonesia (PB IDI) menegaskan bahwa rekomendasi pemberhentian mantan menteri kesehatan, Terawan Agus Putranto dalam keanggotaannya sebagai anggota IDI tidak berkaitan dengan produksi vaksin nusantara.

Hal itu ditegaskan oleh Ketua Umum PB IDI, Adib Khumaidi dalam forum rapat dengar pendapat (RDP) bersama Komisi IX DPR, di Gedung Nusantara I, Kompleks Parlemen, Jakarta, Senin (4/4/2022).

"Hal yang terkait dengan kasus beliau ini, Pak TAP (Terawan Agus Putranto) ini, tidak ada kaitannya dengan vaksin nusantara," kata Adib dalam paparannya.

Karena itu, dia berani menjamin tidak ada konspirasi dalam pemecatan tersebut. Apalagi, sampai harus dikait-kaitkan dengan produksi vaksin nusantara. Sebab, IDI tak mempersoalkan mengenai hal-hal seperti itu.

"Itu yang perlu kami sampaikan. Jadi itu yang mempertegas bahwa secara profesi dan secara organisasi kita tidak terlibat, dan memang tidak ada hal yang kaitannya terhadap vaksin nusantara terhadap pengambilan keputusan yang kemarin," ujarnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini