Share

YLKI Ungkap Dampak Mengerikan jika Tarif Listrik, Harga Pertalite dan LPG 3 Kg Naik

Athika Rahma, Jurnalis · Kamis 14 April 2022 13:35 WIB
https: img.okezone.com content 2022 04 14 320 2579017 ylki-ungkap-dampak-mengerikan-jika-tarif-listrik-harga-pertalite-dan-lpg-3-kg-naik-iEzWIfljXb.jpg Tarif Listrik Segera Naik. (Foto: Okezone.com)

JAKARTA - Pemerintah memberi sinyal soal kenaikan tarif listrik, BBM dan LPG 3 kilogram (Kg). Rencana ini dinilai menambah beban masyarakat.

Ketua Pengurus Harian YLKI Tulus Abadi mengatakan, hal ini mengindikasikan adanya tindakan kekerasan ekonomi (violence of economy) yang dilakukan negara kepada warganya.

"Jika hal itu dilakukan, akan mengakibatkan jebolnya benteng pertahanan ekonomi rumah tangga masyarakat yang saat ini dihantam berbagai kenaikan," ujar Tulus kepada MNC Portal Indonesia, Kamis (14/4/2022).

Baca Juga: Menteri ESDM Beri Sinyal Tarif Listrik Naik

Tulus mengatakan, saat ini bahan pangan, LPG non subsidi, BBM seperti Pertamax, tarif PPN mengalami kenaikan. Hal ini tentu memberatkan masyarakat karena diterapkan secara bersamaan.

Menurutnya, pemerintah harusnya bisa mencari jalan keluar yang lebih bijak dan cerdas.

"Jangan hanya harga pasar sebagai jargon untuk menaikkan tarif atau harga. Kalau bisanya hanya menaikkan dan tunduk pada tekanan pasar, lalu apa gunanya negara," ungkap Tulus.

Baca Juga: Amankan Listrik Selama Bulan Puasa, PLN Terjunkan 47.090 Personel

Adapun, rencana kenaikan komoditas energi ini disampaikan dalam langkah strategis pemerintah dalam menghadapi kenaikan harga minyak dunia.

Menteri ESDM Arifin Tasrif mengatakan, penyesuaian tarif listrik dilakukan sebagai bentuk penghematan APBN Rp 7 triliun hingga Rp 16 triliun.

Dalam jangka menengah dan jangka panjang, pemerintah akan melakukan penyesuaian harga Pertalite dan solar.

Sementara dalam jangka pendek, pemerintah akan melakukan penyesuaian formula LPG 3 Kg dan dalam jangka menengah-panjang, pemerintah akan menyesuaikan harga jual eceran LPG untuk mengurangi tekanan APBN.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini