Share

Pehatian! Investasi Bukan Sekadar Lihat Grafik Naik atau Turun

Athika Rahma, Jurnalis · Senin 18 April 2022 18:05 WIB
https: img.okezone.com content 2022 04 18 320 2581046 pehatian-investasi-bukan-sekadar-lihat-grafik-naik-atau-turun-4DSD4PHlcQ.jpg Waspada Investasi Bodong. (Foto: Okezone.com)

JAKARTA - Banyak pelajaran yang bisa diserap dari kasus investasi bodong. Masyarakat mesti tahu kelicikan pelaku investasi bodong memanfaatkan segala cara di tengah literasi keuangan yang rendah.

Menurut Kabiro Peraturan Perundang-undangan dan Pendidikan Bappepti Aldison, kebanyakan masyarakat tidak memiliki pemahaman berinvestasi tapi ingin mendapatkan untung berlipat dengan mudah. Padahal hal ini menjadi ilmu yang sangat dasar sebelum berinvestasi.

Baca Juga: Pacar dan Calon Mertua Indra Kenz Penuhi Panggilan Bareskrim

"Terdapat jenis investasi yang memang high risk high return, makanya dibutuhkan pengetahuan, legal knowledge umumnya produknya seperti forex, emas digital atau kripto," ujar Aldison dalam talkshow PPATK, Senin (18/4/2022).

Setidaknya, lanjut Aldison, masyarakat harus mengetahui definisi, jenis produk, risiko dan informasi umum lain sebelum memilih instrumen investasi. Platform investasi bodong cenderung memanfaatkan kelemahan orang awam misalnya membuat investasi terlihat menjadi sangat mudah.

Baca Juga: Polri Kirim Berkas Perkara Doni Salmanan ke Kejaksaan

"Jadi seperti di platform Binomo, itu kita hanya diberi pilihan untuk menebak saja apakah nanti akan naik atau turun grafiknya, padahal itu butuh knowledge yang baik bukan sekedar menebak naik atau turun," ujar Aldison.

Jika sudah seperti itu, maka masyarakat sendiri yang dinilai bisa mengendalikan diri untuk tidak tergiur iming-iming imbal hasil yang besar. Satgas Waspada Investasi (SWI) OJK sendiri sudah melakukan pemblokiran ribuan entitas ilegal dengan masif sejak 2019.

"Tentunya sangat sulit kalau kita harus diminta mengendalikan sifat dasar manusia yaitu keserakahan tadi. Namun pemerintah akan lebih berupaya meningkatkan edukasi, " ujar Aldison.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini