Share

Antisipasi Kemacetan Mudik Lebaran 2022, Transaksi di Gerbang Tol Palimanan Dialihkan

Iqbal Dwi Purnama, Okezone · Sabtu 23 April 2022 10:22 WIB
https: img.okezone.com content 2022 04 23 320 2583920 antisipasi-kemacetan-mudik-lebaran-2022-transaksi-di-gerbang-tol-palimanan-dialihkan-miBxxGjFpR.jpg Transaksi Tol di Gerbang Tol Palimanan Dialihkan saat Mudik Lebaran 2022. (Foto: Okezone.com)

JAKARTA - Pemerintah memprediksi terjadi lonjakan pada arus mudik Lebaran 2022. Bahkan setidaknya ada 85 juta masyarakat yang berangkat mudik, di mana 47% akan menggunakan jalur darat.

Pada musim mudik Lebaran 2022 ini pun terjadi peralihan transaksi di gerbang tol tepatnya pada pembayaran di Gerbang Tol Palimanan yang dialihkan di gerbang tol selanjutnya.

Baca Juga: Jelang Mudik Lebaran 2022, Menhub Minta Penumpang Dilayani dengan Humanis dan Ramah

Pelaksana Harian anggota BPJT Kementerian PUPR, Mahbullah Nurdin menjelaskan, dengan pengalihan ini maka pembayaran tarif Jalan Tol Cipali tidak lagi di GT Palimanan.

Pembayaran nantinya akan dilakukan di gerbang tol-gerbang tol di Jalan Tol Palimanan-Kanci, Jalan Tol Kanci-Pejagan, Jalan Tol Pejagan-Pemalang, Jalan Tol Pemalang-Batang, dan Jalan Tol Batang-Semarang untuk pengguna jalan yang menuju arah Trans Jawa.

Baca Juga: Mau Coba Tol Japek II Selatan saat Arus Mudik dan Balik Lebaran 2022, Cek Aksesnya di Sini!

Agung Prasetyo, Direktur Operasi ASTRA Tol Cipali, menambagkan bagi yang melakukan perjalanan jauh (menerus) menuju Semarang dan sekitarnya, maka pembayaran tarif untuk Jalan Tol Cipali akan dilakukan di GT Kalikangkung.

Sebaliknya, untuk pengguna jalan dari arah Trans Jawa yang menuju Jalan Tol Jakarta-Cikampek, maka tarif untuk Jalan Tol Cipali akan dibayarkan di GT Cikampek Utama.

Baca Juga: Peduli Pejuang Kanker, Donasi Rambut Bersama Lifebuoy dan MNC Peduli Tengah Berlangsung!

"Pengalihan transaksi GT Palimanan ke gerbang berikutnya pada saat pelayanan lajur Lebaran 2022 ini merupakan bentuk peningkatan pelayanan untuk mempercepat waktu tempuh di jalan tol," ujar Agung dalam keterangan tertulisnya, Jumat (22/4/2022).

Agung menambahkan, penerapan pengalihan transaksi ini telah diujicobakan pada 22 April 2022 mulai pukul 06.00 WIB. Rencananya kebijakan tersebut akan mulai diberlakukan pada 25 April 2022, saat masyarakat mulai melakukan mudik.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini