Share

5 Tips Mengatur Keuangan saat Lebaran agar Tak Bokek

Rina Anggraeni, Jurnalis · Kamis 28 April 2022 12:32 WIB
https: img.okezone.com content 2022 04 28 622 2586587 5-tips-mengatur-keuangan-saat-lebaran-agar-tak-bokek-QUK6ZWu4vH.jpg Tips Mengatur Keuangan saat Lebaran (Foto:Okezone)

JAKARTA - Beragam tips mengatur keuangan saat Lebaran yang bisa dicoba agar tidak boros. Pasalnya, mengatur keuangan sehari-hari tidaklah mudah, terutama menjelang Hari Raya Idul Fitri.

Banyak yang menganggap hal ini sepele, padahal bisa membuat arus keuangan Anda menjadi berantakan jika tidak diatur dengan baik.

Di saat seperti itu, biasanya akan terjadi pemborosan jika tidak dikelola dengan baik. Jika sudah begini, sikap yang perlu dilakukan adalah tenang dan jangan kalap.

Menjadi hal yang penting diingat bahwa memberikan garis atas pengeluaran bulanan bukan indikator seseorang pelit atau tidak. Setidaknya dengan mengatur hal tersebut seseorang bisa lebih cerdas mengelola keuangannya.

Berikut tips mengatur keuangan saat Lebaran yang dirangkum Okezone:

1. Susun Anggaran Idul Fitri

Sebelum Anda membeli segala keperluan Idul Fitri, Anda perlu menyusun anggaran kebutuhan. Tujuannya agar Anda mengetahui alokasi dana yang dibutuhkan untuk memenuhi setiap pos kebutuhan di hari raya.

2. Pisahkan Gaji dan THR

Menjelang Hari Raya Idul Fitri, tentunya Anda akan memperoleh THR dari perusahaan Anda bekerja. Ketika Anda telah menerima THR, Anda dapat memisahkan gaji Anda dengan THR, sehingga Anda dapat mengatur alokasi dan antara keperluan sehari-hari dan keperluan hari raya. Anda perlu mengontrol diri, serta belajar membedakan antara kebutuhan dan keinginan.

3. Atur Prioritas

Di tengah banyaknya pengeluaran, Anda dapat mengatur dan memilah prioritas keuangan mulai dari yang paling utama dipersiapkan untuk Idulfitri. Prioritas Anda mungkin saja berbeda dengan keluarga lain, misalnya mudik dan baju baru. Sajian hari raya sederhana mungkin bagi Anda tidak menjadi masalah.

4. Siapkan Dana Darurat

Jika Anda telah menentukan alokasi dana dan prioritas pengeluaran, sebaiknya Anda juga mempersiapkan dana darurat sebagai antisipasi jika selama perayaan Anda memiliki kebutuhan tambahan, seperti tambahan biaya konsumsi, kebutuhan saat mudik, dan lain-lain.

5. Konsisten dengan Rencana Anggaran

Tips mengatur keuangan lainnya yakni caraย  mengatur dan merencanakan prioritas harus konsisten dalam menjalankan pengeluaran Anda. Tentunya, nantinya Anda dapat fokus merayakan Idul Fitri tanpa dibebani pikiran mengenai arus keuangan Anda. (RIN)

1
4

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini