Share

Jokowi Minta Bantuan Jepang untuk Tingkatkan Investasi dan Pedagangan RI

Michelle Natalia, Jurnalis · Sabtu 30 April 2022 09:52 WIB
https: img.okezone.com content 2022 04 30 320 2587599 jokowi-minta-bantuan-jepang-untuk-tingkatkan-investasi-dan-pedagangan-ri-Esbvf31dss.jpg Jokowi minta bantuan jepang untuk tingkatkan investasi dan perdagangan. (Foto: Okezone)

JAKARTA - Juru Bicara Kementerian Luar Negeri Jepang Ono Hikariko menyampaikan bahwa upaya peningkatan hubungan bilateral antara Jepang dan Indonesia tengah dilakukan.

Dalam kunjungannya ke Indonesia, Perdana Menteri (PM) Jepang Fumio Kishida mengatakan bahwa pihaknya ingin memperdalam hubungan bilateral antara kedua negara.

"Kami merasa sangat bahagia bisa terus menjalin hubungan baik dengan Presiden Jokowi, dan PM Kishida juga menyampaikan keinginannya untuk memperdalam hubungan bilateral," ujar Ono dalam press briefing virtual pada Jumat (29/4/2022).

 BACA JUGA:Presiden Jokowi Ajak Jepang Ikut Bangun Infrastruktur IKN Nusantara

Dalam pertemuan dengan PM Kishida, Jokowi menekankan bahwa Jepang adalah mitra yang sangat penting bagi Indonesia.

Ditambah lagi, peningkatan hubungan bilateral ini juga sejalan dengan 65 tahun hubungan diplomatik Indonesia-Jepang.

"Presiden Jokowi menyampaikan bahwa beliau ingin Indonesia-Jepang dapat meningkatkan berbagai proyek kerja sama, khususnya di bidang investasi perdagangan, pengembangan infrastruktur, kerja sama maritim, perikanan dan industri," ungkap Ono.

PM Kishida, sambung dia, menyambut dan mendukung keinginan Jokowi tersebut. Kerja sama ini diharapkan bisa meningkatkan ekonomi kedua negara, terlebih dengan perluasan ekspor Indonesia.

"Beliau (PM Kishida) juga ingin melanjutkan kerja sama di sejumlah proyek, seperti pembangunan MRT, Smart City dan juga pengembangan di bidang keuangan. Tak hanya itu, Jepang ingin terus mendukung pembangunan kapasitas untuk keselamatan maritim Indonesia, sehingga Indonesia dapat memastikan keamanan dan stabilitas wilayahnya, termasuk keamanan siber di laut," jelas Ono.

Tidak hanya pembangunan infrastruktur dan maritim, PM Kishida juga mengungkapkan ketertarikannya untuk bekerja sama dan mendukung upaya menuju transisi energi, bukan hanya dengan Indonesia saja, tetapi juga dengan negara-negara Asia lainnya.

"PM Kishida juga sangat mengapresiasi Indonesia atas penyediaan batu bara oleh Indonesia kepada Jepang. Maka dari itu, Jepang berharap kedua negara dapat bekerja sama lebih erat lagi untuk meningkatkan ketahanan dan keamanan di sektor energi," tambah Ono.

 BACA JUGA:Breaking News! Jokowi Pastikan Putin Hadiri KTT G20 di Bali

Ono mengatakan bahwa terkait investasi, Jepang merupakan investor terbesar bagi Indonesia, sehingga Jokowi pun berharap bisa meningkatkan investasinya di sektor otomotif dan sektor energi di Indonesia.

PM Kishida menyambut dialog di sektor publik dan swasta di kedua negara terkait investasi di sektor otomotif dan energi dan teknologi digital.

"Jepang siap mendukung pembangunan rantai pasokan yang tangguh dan juga mendukung upaya negara-negara di Asia untuk mengatasi masalah sosial dengan memanfaatkan teknologi digital," tutur PM Kishida yang dikutip oleh Ono.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini