Share

Negatif Salmonella, BPOM Izinkan Kinder Joy Kembali Dijual di Pasaran

Arie Dwi Satrio, Okezone · Minggu 08 Mei 2022 07:01 WIB
https: img.okezone.com content 2022 05 08 320 2590582 negatif-salmonella-bpom-izinkan-kinder-joy-kembali-dijual-di-pasaran-0eJfMBLuIW.jfif BPOM izinkan kinder joy kembali dijual di pasaran (Foto: MPI)

JAKARTA - Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) menyatakan Kinder Joy negatif bakteri salmonella. BPOM pun mengizinkan produk cokelat asal Belgia ini untuk kembali beredar di minimarket karena aman untuk dikonsumsi.

Produk Kinder Joy dan sejenisnya dinyatakan bebas bakteri salmonella setelah dilakukan sampling secara acak. Sampling acak dilakukan dengan mempertimbangkan keterwakilan wilayah Indonesia berdasarkan kajian risiko dan pengujian produk Kinder Joy dan sejenisnya yang terdaftar di Indonesia.

"Hasil pengujian laboratorium Badan POM menunjukkan ketiga produk tersebut NEGATIF cemaran Salmonella," demikian dikutip dari press release atau suara resmi BPOM, Minggu (8/5/2022).

Dalam siaran resminya tersebut, BPOM menjelaskan bahwa produk cokelat merek Kinder asal Belgia yang tersebar di 77 negara memang ditarik dari pasaran oleh International Food Safety Authorities Network Global Alert (INFOSAN) pada 10 April 2022.

Namun demikian, produk tersebut berbeda dengan yang ada di Indonesia. Di mana, keseluruhan produk cokelat merek Kinder yang ditarik di luar negeri tersebut tidak terdaftar di BPOM. BPOM kini telah memberikan izin produk Kinder untuk kembali beredar di pasaran.

"Maka dengan ini diumumkan bahwa produk tersebut dapat beredar kembali di Indonesia sejak penjelasan publik ini diterbitkan," beber siaran resmi BPOM.

Baca Juga: BuddyKu Fest: 'How To Get Your First 10k Follower'

Follow Berita Okezone di Google News

"Masyarakat diimbau agar menjadi konsumen cerdas dan selalu lakukan Cek KLIK (Cek Kemasan, Label, Izin Edar, dan Kedaluwarsa) sebelum membeli atau mengonsumsi produk pangan," imbuhnya.

Diketahui sebelumnya, BPOM sempat menghentikan sementara peredaran produk Kinder Joy dan sejenisnya dari pasaran. Penarikan sementara produk cokelat asal Belgia itu dikarenakan untuk pengecekan isu dugaan adanya bakteri salmonella dalam Kinder Joy dan sejenisnya.

Temuan bakteri salmonella itu berawal dari negara lain. Di mana, sebanyak 77 negara luar telah menarik produk cokelat Kinder asal Belgia. Namun ternyata, produk yang ditarik dari pasaran luar negeri itu berbeda dengan yang ada di Indonesia. BPOM telah melakukan pengecekan terhadap produk Kinder Joy dan sejenisnya.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini