Share

Bulog Bakal 'Sulap' Minyak Goreng Curah Jadi Kemasan, Harga Rp14.000/Liter

Suparjo Ramalan, iNews · Rabu 11 Mei 2022 11:52 WIB
https: img.okezone.com content 2022 05 11 320 2592246 bulog-bakal-sulap-minyak-goreng-curah-jadi-kemasan-harga-rp14-000-liter-qvmxskhlwc.jpg Ilustrasi minyak goreng. (Foto: Okezone)

JAKARTA - Perum Bulog akan mengemas minyak goreng curah menjadi kemasan sederhana.

Minyak goreng ini akan didistribusikan kepada masyarakat dengan harga Rp14.000 per liter.

Direktur Utama Bulog, Budi Waseso menjelaskan minyak goreng yang dikemas menjadi kemasan ini perlu dilakukan agar menghindari praktik penimbunan di lapangan.

"Kita juga menyarankan supaya tidak ada penyimpangan di lapangan, maka dibuatlah minyak curah itu jadi kemasan-kemasan sederhana," ungkap Buwas di kantornya, dikutip Rabu (11/5/2022).

 BACA JUGA:Minyak Goreng Curah Rp14.000 Siap Banjiri Pasar, Bulog: Tinggal Tunggu Penugasan

Upaya Bulog ini sesuai arahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang mensubsidi harga minyak goreng curah, sehingga masyarakat bisa memperoleh komoditas pokok ini dengan harga Rp14.000 per liter.

Dia mengatakan minyak goreng kemasan akan di stempel dengan keterangan produk subsidi.

Hal ini pun masih dibahas Bulog dengan pihak terkait.

"Nah di sini nanti ditulis, minyak goreng curah subsidi. Nanti seperti itu, kurang lebih itu saran dari saya. Sehingga Bulog nanti terima minyak subsidi itu dengan harga murah. Kita tinggal distribusikan ke pasar-pasar. Jadi tidak perlu bingung siapa yang kemas satu per satu jadi harga keekonomian, kan nggak mungkin," tuturnya.

BUMN di sektor pangan ini memang menerima penugasan untuk mendistribusikan minyak goreng curah.

Baca Juga: Peduli Pejuang Kanker, Donasi Rambut Bersama Lifebuoy dan MNC Peduli Tengah Berlangsung!

Hanya saja, hingga saat ini belum begitu jelas skema pendistribusian ke pasaran.

Dia menyebut hingga saat ini pemerintah masih melakukan pembahasan. Tercatat, ada dua skema yang diusulkan menjadi opsi.

Skema pertama, distribusi minyak goreng melalui PT Bhanda Ghara Reksa (Persero) atau BGR. Kedua, melalui PT Pos Indonesia (Persero).

"Karena sampai hari ini kita masih dalam taraf pembahasan yang intinya bapak Presiden mengharapkan bahwa minyak goreng nanti yang kemasan dikemas sederhana untuk kebutuhan masyarakat dengan harga Rp14.000," katanya.

 BACA JUGA:Bulog Ungkap soal Distribusi Minyak Goreng Curah, Harganya Bisa Rp14.000/Liter?

Bukan saja skema distribusi yang belum difinalisasikan kementerian dan lembaga (K/L) terkait, aturan yang menjadi pedoman dasar BUMN Pangan ini menerima penugasan pun belum diterbitkan.

Meski begitu, dia meyakini dengan diselesaikannya pembahasan dan regulasi, maka Bulog mampu menjalankan penugasan dengan baik. Khususnya, menekan harga minyak goreng curah hingga di angka Rp14.000.

"Saya yakin, percaya bilamana pembahasan ini sudah selesai apa yang dimintakan Presiden bisa terlaksana," pungkasnya.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini