Share

Evaluasi Arus Mudik dan Lebaran 2022, Persiapan Singkat tapi Efektif

Azfar Muhamamd, Jurnalis · Kamis 12 Mei 2022 12:10 WIB
https: img.okezone.com content 2022 05 12 320 2592943 evaluasi-arus-mudik-dan-lebaran-2022-persiapan-singkat-tapi-efektif-c2G2uV5hpD.jpg Arus Mudik dan Balik Lebaran Berjalan Efektif. (Foto: Okezone.com/Jasa Marga)

JAKARTA - Masyarakat Transportasi Indonesia (MTI) menilai arus mudik dan balik Lebaran 2022 cukup bisa mengurangi waktu tempuh perjalanan.

"Waktu perjalanan sebelum terhubung jalan tol itu sampai perbatasan Jawa Tengah Jawa Timur kira-kira 30 sampai 35 jam. Namun adanya jalan tol ini turut membantu, waktu perjalanan itu kira-kira 12 sampai 15 jam," ungka Ketua Bidang Advokasi dan Kemasyarakatan MTI Djoko Setijowarno dalam program Market Review IDX Channel, Kamis (12/5/2022).

Baca Juga: Catat! 7 Tips Merawat Motor Setelah Dipakai Mudik Lebaran 2022

Djoko menambahkan, walaupun waktu persiapan terbilang singkat, namun cukup berhasil untuk minimal kendaraan tidak menginap di jalanan.

"Untuk mudik dan balik lebaran kali ini persiapannya kira-kira kami liat satu bulan efektifnya, biasanya persiapannya sampai 3 bulan seblum hari H (Lebaran). Namun dalam perjalanan satu bulan ini tentunya dapat memberikan hasil ya katakanlah kendaraan tidak sampai menginap di jalan," jelasnya.

Baca Juga: Potensi Pingpong Kasus Covid-19 Pascamudik Lebaran, Ini Kata Menko PMK

Namun Djoko juga memberikan beberapa catatan terkait pelaksanaan mudik dan balik tahun 2022 seperti kemacetan yang terjadi di beberapa jalan arteri imbas adanya one way dan kepadatan yang terjadi di Pelabuhan Merak.

"Namun masih menyisakan persoalan juga jalan arterinya bisa macet, kemudian Pelabuhan Merak ini persoalan yang harus diselesaikan," tuturnya.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo menyampaikan bahwa manajemen mudik dan balik 2022 secara keseluruhan berjalan baik, tidak ada keluhan yang amat sangat.

Presiden Jokowi juga mengatakan tidak ada lagi peristiwa macet yang berlangsung hingga berhari-hari. Hal ini karena persiapan dan pengelolaan dilapangan yang baik sehingga bisa diatasi. Ikhsan Permana SP.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini