Share

18,5 Juta UMKM On-Boarding dan Go Digital, Kualitasnya Bagaimana?

Azhfar Muhammad, Jurnalis · Kamis 12 Mei 2022 11:42 WIB
https: img.okezone.com content 2022 05 12 455 2592923 18-5-juta-umkm-on-boarding-dan-go-digital-kualitasnya-bagaimana-vHBRMaN3ym.jpg Menkop Terus Dorong UMKM Go Digital. (Foto: Okezone.com/Kemenkop)

JAKARTA - Kementerian Koperasi dan UKM terus mengakselerasi pemulihan ekonomi nasional melalui Usaha Kecil Mikro dan Menengah (UMKM). Saat ini 18,5 Juta pelaku UMKM dari 65 Juta yang telah bergerak, terhubung dan on boarding di bidang digital. Hal tersebut naik sebesar 131% sebelum pnsemi dan masih diprediksi akan mengalami kenaikan.

"Hingga saat ini kami telah mencatat 18,5 Juta pelaku UMKM yang telah terhubung ke dalam ekosistem digital kita kita tumbuh 131% dibanding saat sebelum pandemi. Saya optimis Indonesia dapat beradaptasi dengan ekonomi hijau," ujar Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki, dalam Seminar Green Economy, Jakarta, Kamis (12/5/2021).

Baca Juga: Sri Mulyani soal UMKM hingga Literasi Ekonomi Digital untuk Perempuan RI

Teten menyampaikan, pemerintah telah menginisiasi Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia, di mana jutaan UMKM sudah on board berbagai platform e-commerce dan diberikan stimulus seperti coaching, promosi, penyaluran pinjaman dari Bank serta penempatan dalam e-katalog pengadaan pemerintah.

“Pemerintah berupaya untuk mengoptimalkan potensi dan produktivitas UMKM dengan mendorong digitalisasi atau onboarding bagi UMKM offline dan menyediakan berbagai stimulus bagi UMKM yang telah terdigitalisasi,” ujarnya.

Baca Juga: BLT UMKM Rp600 Ribu Mau Cair, Kemenkop: Secepatnya Kita Salurkan

Dengan demikian, pihak Kemenkop mengajak semua pihak baik pemerintah pusat dan daerah di tas akademika BUMN dan sektor swasta untuk bersama-sama berkolaborasi mengembangkan inklusif dan berkelanjutan dengan kolaborasi dan kemitraan.

(fbn)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini