Share

Listrik di Ibu Kota Nusantara Mulai Dibangun

Athika Rahma, Jurnalis · Senin 16 Mei 2022 14:49 WIB
https: img.okezone.com content 2022 05 16 320 2594938 listrik-di-ibu-kota-nusantara-mulai-dibangun-XnYe0Xevqh.jpg Listrik di IKN mulai dibangun (Foto: Shutterstock)

JAKARTA - PT PLN mendukung pembangunan infrastruktur Ibu Kota Negara (IKN) baru di wilayah Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur.

Mengutip akun Instagram PLN @pln_id, Senin (16/5/2022), pada tahap prakonstruksi Ibu Kota Baru, PLN bakal membangun dua gardu induk (GI) mobile 30 MVA di Gersik yang terletak di sekitar titik nol.

"Dua buah GI mobile tersebut akan terhubung di jalur SUTT Kariangau - Petung, ditargetkan rampung pada bulan Agustus dan Desember 2022," demikian dikutip MNC Portal Indonesia.

Lebih lanjut, pembangunan gardu induk mobile membutuhkan lahan yang lebih kecil dan waktu pembangunan yang lebih singkat dibanding gardu induk permanen.

"Kebutuhan listrik Ibu Kota Baru akan dipasok dari sistem interkoneksi Kalimantan yang saat ini menghubungkan Provinsi Kalimantan Selatan, Kalimantan Tengah dan Kalimantan Timur," tulisnya.

Adapun, pemerintah akan membangun sejumlah sarana dan prasarana di IKN, meliputi infrastruktur transportasi seperti tol, kereta, bus rapid transit (BRT) hingga kelistrikan. Transportasi ini menghubungkan Sub-Pusat Pelayanan Kota (SPPK), Pusat Pelayanan Lingkungan (PPL), Pusat Pelayanan Kota (PPK), hingga ke Sumbu Kebangsaan.

Pembangunan ini direncanakan dalam Perpres Nomor 64 Tahun 2022 tentang Rencana Tata Ruang Kawasan Strategis Nasional Ibu Kota Nusantara 2022-2042.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini