Share

Krisis Pangan, Wapres: Kesempatan Tingkatkan Ekspor Produk Makanan dan Minuman Halal

Binti Mufarida, Jurnalis · Selasa 24 Mei 2022 19:29 WIB
https: img.okezone.com content 2022 05 24 320 2599678 krisis-pangan-wapres-kesempatan-tingkatkan-ekspor-produk-makanan-dan-minuman-halal-gzCqAbNyqq.jpg Wapres Maruf Amin (Foto: Setwapres)

JAKARTA - Wakil Presiden (Wapres) Ma’ruf Amin mengatakan di tengah ancaman krisis pangan dunia harus menjadi momentum untuk meningkatkan ekspor produk-produk makanan dan minuman.

“Nah kesempatan sekarang ini sedang membutuhkan karena lagi krisis pangan. Ini momentum tepat untuk kita kembangkan,” kata Wapres di sela launching Halal Center Indonesia di Jakarta, Selasa (24/5/2022).

“Sekarang memang lagi krisis pangan ya, oleh karena itu kalau kita bisa mengekspor produk-produk kita terutama makanan dan minuman itu peluang besar sekarang ini, jadi kesempatan,” tegasnya.

Bahkan, kata Wapres, modal Indonesia untuk mengekspor produk-produk makanan dan minuman halal sudah banyak. “Jadi sebenarnya modal kita ada. Tinggal kita bagaimana kita meningkatkan produk-produk kita yang sudah banyak ini,” katanya.

Wapres mengatakan untuk memasarkan produk-produk halal, saat ini menggunakan Global Halal Hub. “Seperti untuk dalam negeri seperti ini ya. Kemudian kita juga untuk produk-produk kita menggunakan Global Halal Hub untuk memasarkan ke luar negeri,” tambah dia.

Sementara itu, Wapres menegaskan bahwa stok produk halal sudah sudah mulai tumbuh. “Stoknya? Justru kita sedang mengembangkan stoknya. Ini sudah mulai tumbuh. Sebenarnya produk kita itu banyak hanya memang standarnya harus dikurasi ya untuk bisa menjadi standar bersaing ekspor. Hanya itu saja," tuturnya.

“Tadi saya lihat juga produk-produk kita sudah masuk (retail). Kalau sudah masuk di retail modern itu berarti sudah siap ekspor. Packagingnya sudah, sertifikasi sudah, berarti kualitasnya sudah. Karena itu kita dorong dulu supaya masuk dulu di retail modern, domestik, kemudian akan dipandu oleh beliau-beliau untuk bisa diekspor,” paparnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini