Share

Cuaca Buruk Bikin 3 Penerbangan Dialihkan, Begini Penjelasan AP I

Azhfar Muhammad, Jurnalis · Jum'at 27 Mei 2022 13:29 WIB
https: img.okezone.com content 2022 05 27 320 2601189 cuaca-buruk-bikin-3-penerbangan-dialihkan-begini-penjelasan-ap-i-0yGajZ4xek.png Banyak Pesawat Gagal Mendarat karena Cuaca Buruk. (Foto: Okezone.com/Garuda)

JAKARTA - Angkasa Pura I menjelaskan soal sejumlah maskapai yang gagal mendarat di sejumlah Bandar Udara atau Bandara salah satunya di Bandara Yogyakarta, Surabaya hingga Makassar.

Corporate Communication Senior Manager Angkasa Pura 1 Gede Eka Sandi Asmadi menyatakan hal tersebut imbas dari cuaca buruk yang terjadi di sejumlah daerah dan telah dilakukan pengalihan rute.

Baca Juga: Sejumlah Pesawat Gagal Mendarat di Bandara, Ada Apa?

“Benar ada 3 penerbangan pada hari kemarin, kamis (26/5). menuju Makassar yang dialihkan atau divert ke Bandara SAMS Sepinggan Balikpapan dikarenakan kondisi cuaca buruk,” kata Gede Eka Sandi Asmadi saat dikonfirmasi MNC Portal Indonesia, Jumat (27/5/2022).

Adapun ketiga penerbangan tersebut adalah Batik Air ID6268 Rute Jakarta - Makassar, Batik Air ID 6197 Rute Sorong - Makassar dan Lion Air JT 3945 Rute Sorong - Makassar.

“Hingga saat ini, namun ketiga penerbangan ini sudah mendarat dengan aman dan selamat di Bandara Sultan Hasanuddin Makassar pada malam harinya,” tambahnya.

Baca Juga: Batik Air Alami Kendala di Bandara Juanda, Begini Penjelasan Manajemen

Dampak atau Akibat cuaca buruk ini juga setidaknya ada 3 penerbangan keberangkatan yang mengalami keterlambatan atau delay yaitu Lion Air JT 797 tujuan Jakarta, Lion Air JT 5643 tujuan Kulonprogo - Yogyakarta dan Batik Air ID 6293 tujuan Jakarta.

“Khusus penumpang Lion Air JT 797, kami juga telah memastikan pihak maskapai telah memberikan kompensasi kepada penumpang berupa makan malam dan snack akibat delay yang mencapai lebih dari 2 jam,” tandasnya.

Sementara itu, Corporate Communications Strategic Lion Air Danang Mandala Prihantoro Merespons dan angkat bicara soal Lion Air dan Batik Air tujuan Makassar melalui Bandar Udara Internasional Sultan Hasanuddin, Makassar di Maros, Sulawesi Selatan (UPG) pada Kamis (26/ 05).

Danang mengatakan pihak parkapai telah melakukan pengalihan pendaratan (divert) tujuan di Bandar Udara SAMS Sepinggan Balikpapan, Kalimantan Timur (BPN).

“Ada beberapa maskapai mulai dari Batik Air nomor ID 6268 Jakarta ke Makassar, Batik Air nomor ID 6197 Sorong ke Makassar dan Lion Air nomor JT 3945 Sorong ke Makassar yang telah dilakukan Keputusan divert atau dialihkan,” kata Corporate Communications Strategic Lion Air Danang Mandala Prihantoro saat dihubungi MNC PORTAL, Kamis (26/5/2022).

Maskapai Lion Grup menilai, Divert adalah sebuah tepat sebagaimana standar operasional prosedur untuk mengutamakan aspek keselamatan dan keamanan penerbangan.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini