Share

Sambut Hari Lahir Pancasila, Presiden Jokowi: Bukti Bangsa Kita Bisa Berdiri Kokoh

Raka Dwi Novianto, Sindonews · Rabu 01 Juni 2022 07:47 WIB
https: img.okezone.com content 2022 06 01 320 2603576 sambut-hari-lahir-pancasila-presiden-jokowi-bukti-bangsa-kita-bisa-berdiri-kokoh-7KiL3Xz3oA.jfif Presiden Jokowi sambut hari lahir Pancasila. (Foto: Setpres)

JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menjadi inspektur dan memimpin jalannya upacara peringatan Hari Lahir Pancasila yang digelar pada hari ini Rabu (1/6/2022) di Lapangan Pancasila Ende, Nusa Tenggara Timur (NTT).

"Hari ini 1 Juni 2022 kita memperingati Hari Lahir Pancasila di kota Ende, Nusa Tenggara Timur. Di kota yang sangat bersejarah ini Bung Karno proklamator kemerdekaan, bapak pendiri bangsa merenungkan dan merumuskan Pancasila yang kemudian disahkan oleh PPKI sebagai dasar negara dan mewariskan Pancasila bagi bangsa dan negara," ujar Jokowi dalam amanatnya yang disiarkan YouTube Sekretariat Presiden.

 BACA JUGA:Mahfud MD Jelaskan Asal Mula Lahirnya Pancasila sebagai Dasar Negara

Dalam amanatnya itu, Presiden Jokowi mengajak seluruh masyarakat untuk membumikan dan mengaktualisasikan Pancasila dalam kehidupan bermasyarakat.

"Dari kota Ende saya mengajak seluruh anak-anak bangsa di mana pun berada untuk bersama-sama membumikan Pancasila dan mengaktualisasikan nilai-nilai luhur Pancasila dalam kehidupan bermasyarakat berbangsa dan bernegara," pintanya.

Dia juga mengatakan bahwa selain menjadi pemersatu bangsa, Pancasila juga telah menjadi bintang penuntun dikala Indonesia menghadapi tantangan dan ujian.

Baca Juga: Peduli Pejuang Kanker, Donasi Rambut Bersama Lifebuoy dan MNC Peduli Tengah Berlangsung!

"Pancasila bukan hanya telah mempersatukan kita semua, Pancasila juga telah menjadi bintang penuntun ketika bangsa Indonesia menghadapi tantangan dan ujian-ujian. Dan ini sudah dibuktikan berkali-kali dalam perjalanan sejarah bangsa bahwa negara dan bangsa kita bisa tetap berdiri kokoh menjadi negara yang kuat karena kita semua sepakat untuk berlandaskan pada Pancasila," jelasnya.

Selain itu, Presiden Jokowi meminta agar Pancasila dapat diimplementasikan dalam sistem tata kelola pemerintahan dan interaksi sesama anak bangsa.

"Tapi saya selalu ingatkan kita harus betul-betul mengamalkan Pancasila dan memperjuangkan Pancasila. Kita wujudkan dalam sistem kemasyarakatan, kebangsaan dan kenegaraan kita, kita mengimplementasikan dalam tata kelola pemerintahan dan juga menjiwai interaksi antar sesama anak bangsa," imbaunya.

Diketahui, upacara Hari Lahir Pancasila ini diikuti oleh TNI, Polri, Komite Nasional Pemuda Indonesia, Tenaga Kesehatan, Purnapaskibraka Indonesia, Pramuka dan pelajar dengan Komandan Upacara yakni Kolonel Inf. Tunjung Setyabudi.

Dalam upacara kali ini Ketua MPR RI Bambang Soesatyo membacakan teks Pancasila, Wakil Ketua DPR RI Lodewijk F. Paulus membacakan teks Pembukaan UUD 1945, dan Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kemanusiaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy memimpin pembacaan doa.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini