Share

Naik ke Atas Candi Borobudur Tetap Dibatasi meski Tarif Rp750 Ribu Ditunda

Azhfar Muhammad, MNC Portal · Rabu 08 Juni 2022 10:24 WIB
https: img.okezone.com content 2022 06 08 320 2607637 naik-ke-atas-candi-borobudur-tetap-dibatasi-meski-tarif-rp750-ribu-ditunda-DJi7ZjFTVB.jfif Tiket Masuk dan Naik Candi Borobudur Rp750.000 Ditunda. (Foto: Okezone.com/Feby Novalius)

JAKARTA - Tarif naik Candi Borobudur Rp750.000 ditunda penerapannya. Pemerintah mencari instrumen lain dalam membatasi wisatawan yang ingin naik ke Candi Borobudur.

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mengatakan, penataan kawasan Candi Borobudur memang masih terus dilakukan. Maka dari itu harus dicarikan skema-skema terbaik untuk mengatur wisatawan yang hendak naik ke atas candi.

Baca Juga: Sekilas Sejarah Candi Borobudur, Dibangun Raja Mataram Samaratungga

“Baik dengan pembatasan kuota maupun dengan instrumen lain, seperti salah satunya penentuan tarif masuk, PT TWC & Badan pengelola diminta untuk bicara dulu. Saat rapatpun disampaikan bahwa tarif itu tidak serta merta berlaku,” ujarnya, Rabu (8/6/2022).

Namun, kata Ganjar, penerapan tiket Candi Borobudur sebesar Rp750.000 untuk wisatawan lokal, dan USD100 untuk wisatawan mancanegara merupakan salah satu alasan untuk menjaga dan melestarikan Candi Borobudur.

Baca Juga: Naik Candi Borobudur Bayar Rp750.000, Hanung Bramantyo Lontarkan Sindiran Menohok untuk Orang Kaya

“Memang setelah itu TWC pun menyampaikan akan ditindaklanjuti dengan balai. Itu artinya butuh pranata regulasi terus kemudian kelayakan dari tarif yang ada, mekanismenya, karena mereka yang akan mengeksekusi,” jelas Ganjar.

Kini, bersama Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan telah disepakati bahwa menunda wacana penerapan rencana kenaikan harga tiket naik ke area stupa di Candi Borobudur.

“Iya betul, Saya sampaikan kepada pak Luhut, ini banyak yang protes, menurut saya diendapkan dan beliau telah setuju. Ini soal tarif jangan dibicarakan dulu, dipostpone (tunda) dulu,” kata Ganjar.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini