Share

Bahan Pokok Naik, Mendag: Kita Koordinasi dengan Mentan

Viola Triamanda, Okezone · Jum'at 17 Juni 2022 17:11 WIB
https: img.okezone.com content 2022 06 17 320 2613476 bahan-pokok-naik-mendag-kita-koordinasi-dengan-mentan-pmrXoxnLfW.jpeg Mendag Zulkifli Hasan (Foto: MPI)

JAKARTA - Menteri Perdagangan (Mendag) Zulkifli Hasan meninjau ketersediaan dan harga bahan pokok di pasar Koja, Jakarta Utara. Menurutnya beberapa bahan pokok seperti ayam, telur dan cabai mengalami kenaikan.

"Kemarin saya ke Cibubur dan sekarang saya ke pasar Koja, harga-harga emang pada naik ya, telur yang sebelumnya Rp22.000 jadi Rp28.000 - Rp30.000, dan kenaikan tertinggi ada di cabai. Semua jenis cabai pada naik" ujarnya kepada MPI, Jumat (17/6/2022).

Zulkifli Hasan menyatakan akan berkoordinasi dengan Menteri Pertanian untuk mengupayakan ketersediaan bahan pokok dengan harga yang terjangkau.

"Saya besok akan berkoordinasi dengan Menteri Pertanian agar harga-hrga yang naik segera ada jalan keluarnya" ucapnya.

Dan untuk kenaikan harga bahan impor yang diluar kendali pemerintah seperti kedelai, pemerintah akan menyediakan subsidi.

"Seperti kedelai kan di impor, jdi pemerintah menyediakan subsidi Rp1000 perkilonya. Selain itu harga ayam naik karena pakannya naik, maka pemerintah juga menyediakan subsidi untuk pembelian jagung sebagai pakan ternak Rp1.500 per kilo" jelasnya.

Sementara itu, dia menyatakan tidak menemukan kelangkaan bahan pangan, malahan stoknya melimpah namun pembelinya yang berkurang.

"Saat ini stoknya melimpah namun pembelinya sepi. Saya juga tanya ke pedagangnya dan katanya ini memang siklus menjelang Idul Adha" jelasnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini