Share

Sri Mulyani Tegaskan Tidak Ada Cukai BBM dan Deterjen

Feby Novalius, Jurnalis · Minggu 19 Juni 2022 05:01 WIB
https: img.okezone.com content 2022 06 18 320 2613958 sri-mulyani-tegaskan-tidak-ada-cukai-bbm-dan-deterjen-QdWpGkS8Qq.jpg Tidak Ada Pengenaan Cukai Deterjen. (Foto: Okezone.com/Freepik)

JAKARTA - Kementerian Keuangan menegaskan tidak ada rencana pengenaan cukai BBM hingga detejen. Ditegaskan bahwa pemerintah tidak sembarangan dalam mengenakan cukai.

Direktur Jenderal Bea dan Cukai Kemenkeu Askolani mengatakan, pihaknya tidak berencana mengenakan cukai pada BBM, ban karet dan deterjen.

Baca Juga: Detergen Bakal Kena Cukai, Pengusaha Setuju untuk Pelestarian Lingkungan

"Kami tegaskan tidak ada implementasi cukai untuk ban, BBM dan deterjen. Itu tidak ada sama sekali. Kita tidak bisa sembarangan," ujarnya.

Dengan demikian, jika tidak kena cukai, seharusnya harga BBM tidak mengalami perubahan.

Baca Juga: Tidak Ada Pengenaan Cukai BBM dan Deterjen, Kemenkeu: Kita Tidak Sembarang

Sebelumnya, Ketua Umum Kadin DKI Jakarta Diana Dewi menilai, bagi negara-negara dengan klasifikasi low middle income termasuk Indonesia, penerimaan dari cukai merupakan salah satu penerimaan pajak yang berkontribusi efektif dibandingkan sektor lainnya.

Selama ini pertumbuhan penerimaan cukai di Indonesia didukung oleh tembakau sekitar 20% dan Etil alkohol sebesar 226%.

"Di beberapa negara penerimaan sektor cukai memang berkontribusi sangat besar terhadap penerimaan, dan Indonesia termasuk yang paling rendah bila dibandingkan negara lain. Dan Indonesia termasuk negara yang paling sedikit memiliki obyek cukai," ujar Diana saat dihubungi MNC Portal Indonesia, Rabu (15/6/2022).

Baca Selengkapnya: Tidak Ada Pengenaan Cukai BBM dan Deterjen, Kemenkeui: Kita Tidak Sembarang

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini