Share

Pemprov DKI Raih Dividen Rp60,1 Miliar dari Produsen Bir

Dinar Fitra Maghiszha, Jurnalis · Minggu 19 Juni 2022 16:16 WIB
https: img.okezone.com content 2022 06 19 278 2614252 pemprov-dki-raih-dividen-rp60-1-miliar-dari-produsen-bir-mbkj57v0Pq.jpg Laba Delta Djakarta (Foto: Okezone)

JAKARTA - Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta menerima dividen tunai sebesar Rp60,1 miliar dari PT Delta Djakarta Tbk (DLTA), sebuah produsen minuman keras (miras) alias bir.

Keputusan ini telah disahkan dalam Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) Delta Djakarta yang diselenggarkan di Wyndham Hotel, Jakarta, Kamis 16 Juni 2022.

Berdasarkan data kepemilikan saham DLTA efektif per 31 Mei 2022, Pemprov DKI Jakarta menggenggam 210.200.700 saham atau setara 26,25% saham yang disetor dan ditempatkan perseroan.

Komisaris Delta Djakarta Roy Tumpal Pakpahan mengatakan dividen yang diterima Pemprov DKI Jakarta meningkat dari tahun sebelumnya.

"Naik 13 persen dari Rp52,5 miliar pada tahun 2020," kata Roy dalam paparan publik belum lama ini, dikutip Minggu (19/6/2022).

Pemprov DKI Jakarta merupakan pemegang saham terbesar kedua DLTA, setelah San Miguel Malaysia yang merupakan pemegang saham mayoritas sekaligus pengendali perseroan.

San Miguel memiliki saham DLTA sebanyak 467,06 juta saham atau setara 58,33%. Sedangkan 15,42% sisanya adalah publik.

Seperti diketahui, Pemprov DKI Jakarta terus berupaya melaksanakan divestasi saham DLTA sebagai bagian dari program kepemimpinan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. Kabar terbaru, upaya tersebut belum menemui keputusan di tingkat Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) DKI Jakarta.

"Sampai saat ini kajian yang sudah diberikan oleh badan pembina BUMD DKI kepada DPRD DKI Jakarta due diligen tahun lalu, tapi sampai saat ini DPRD DKI Jakarta belum memberikan keputusan dikarenakan semua aset daerah dan saham tidak bisa dijual tanpa persetujuan DPRD DKI," kata manajemen Delta Djakarta dalam keterangan resmi, dikutip Minggu (19/6/2022).

Perseroan menyebut rencana divestasi Pemprov DKI Jakarta masih akan terus berlangsung. "Program untuk menjual saham DKI di PT Delta Djakarta tetap menjadi prioritas janji kampanye Pak Anies dan tidak pernah dicabut dan tetap dijual," ungkapnya.

Sebelumnya, Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria pernah berkomentar di media terkait kelanjutan pelepasan saham di DLTA. Riza mengatakan terdapat sejumlah pihak yang ingin membeli saham bir milik Pemprov, kendati tidak merinci siapa saja.

"Jadi kami serahkan kebijaksanaan kepada pimpinan, anggota DPRD yang saya kira sangat mengerti dan bijaksana bagaimana mencari solusi terkait masalah saham PT Delta," kata Riza di Balai Kota DKI Jakarta, akhir kuartal pertama tahun ini, Kamis (18/3).

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini