Share

Jokowi Buka-bukaan soal Kenapa Elon Musk Harus Investasi di RI

Bella Hariyani, Jurnalis · Senin 20 Juni 2022 12:59 WIB
https: img.okezone.com content 2022 06 20 320 2614666 jokowi-buka-bukaan-soal-kenapa-elon-musk-harus-investasi-di-ri-TEPF2iFWmK.jpg Jokowi Ungkap Alasan Kenapa Elon Musk Harus Investasi di Indonesia. (Foto: Okezone.com)

JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah bertemu orang terkaya di dunia Elon Musk. Jokowi pun langsung menyarankan CEO Tesla untuk segera berinvestasi di Indonesia.

“Kami melakukan banyak diskusi, terutama tentang bagaimana Tesla dapat membangun industrinya dari hulu ke hilir, end-to-end mulai dari smelter kemudian membangun industri katoda dan prekursor, membangun baterai EV, membangun baterai lithium dan kemudian pabrik kendaraan. Semuanya ada di Indonesia, karena itu sangat efisien. Itu yang saya tawarkan,” kata Presiden Jokowi dikutip dari CNBC.com, Senin (20/6/2022).

Baca Juga: Elon Musk Digugat Rp3.800 Triliun oleh Investor Dogecoin

Jokowi menegaskan, pemerintah ingin membangun ekosistem industri untuk baterai lithium di dalam negeri. Pasalnya, Indonesia memiliki cadangan timah, tembaga, nikel, kobalt, dan bauksit yang melimpah. Beberapa di antaranya pun merupakan bahan utama untuk baterai kendaraan listrik.

Jokowi juga telah memutuskan untuk melarang ekspor komoditas utama, seperti nikel. Batu bara pada tahun 2021 dan minyak nabati pada bulan April. Langkah terakhir ditujukan untuk menstabilkan harga domestik.

Baca Juga: Tesla Naikkan Harga Jual Mobil Listrik, Apa Penyebabnya?

“Tidak saya pikir itu bukan proteksionisme. Tapi kita ingin nilai tambah itu ada di Indonesia. Jika kita tetap mengekspor bahan mentah, yang mendapat nilai tambah adalah negara lain,” ujarnya.

Dalam upaya untuk meningkatkan ekonominya dan memanfaatkan sumber daya alamnya untuk manufaktur dalam negeri, Indonesia ingin menjauh dari ekspor bahan mentah. Ia juga ingin menjadi pemain global dalam baterai EV dan produsen mobil listrik.

“Kami ingin membangun ekosistem industri untuk baterai lithium,” kata Jokowi.

Dengan alasan ini juga akan menciptakan lapangan kerja dan menghasilkan pendapatan pajak.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini