Share

Cegah Macet, PUPR Perluas Rest Area di Sekitar Pelabuhan Merak

Iqbal Dwi Purnama, Jurnalis · Senin 20 Juni 2022 19:14 WIB
https: img.okezone.com content 2022 06 20 320 2614972 cegah-macet-pupr-perluas-rest-area-di-sekitar-pelabuhan-merak-ti80AQCu60.jpg Pelabuhan Merak (Foto: Okezone)

JAKARTA - Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono menyatakan bahwa pihaknya akan memperluas kantong parkir di rest area terutama untuk akses menuju pelabuhan merak, Cilegon Banten.

"Saya kira ini kita sudah bergerak semua, untuk bisa melayani lebih baik lagi di Nataru 2022 dan arus mudik idul Fitri tahun 2023," kata Menteri Basuki dalam Rapat Kerja bersama Komisi V DPR RI, Senin (20/6/2022).

Juru Bicara Kementerian PUPR Endra S Atmawidjaja menyampaikan perluasan rest area tersebut bertujuan untuk menampung kendaraan yang hendak melakukan penyebaran dari pelabuhan merak ke Bakauheni Lampung.

Sehingga diharapkan tidak terjadi penumpukan di dalam pelabuhan Merak yang mengular hingga ruas-ruas jalan provinsi di sekitar area pelabuhan merak. Selain itu para pengendara yang mengisi kantong parkir di rest area tersebut juga bisa sekaligus membeli tiket kapal.

"Kemarin itu kemacetannya ada di pelabuhan-pelabuhan, aktivitas kepelabuhanan numpuk di situ, jadi masyarakat tidak perlu membeli tiketnya disana, tetapi sudah di rest area, parkir dulu, begitu kondisi memungkinkan baru jalan," ujar Endra saat ditemui di Kompleks Parlemen.

Endra menjelaskan nantinya jika kapasitas parkir yang ada di pelabuhan sudah penuh, maka kendaraan yang hendak menaiki kapal bakal disetop di rest area untuk menunggu antrean masuk pelabuhan.

"Kan di pelabuhan juga kapasitasnya sedikit untuk antrean, jadi dibagi di rest area sebelumnya, jadi di rest area sebelumnya diperbesar kapasitas parkirnya, mereka tidak nunggu di pelabuhan, tetapi nunggunya di rest area," sambungnya.

"Nanti begitu di infokan di pelabuhan sudah lenggang, sedikit-sedikir dilepas," kata Endra.

Endra Menjelaskan saat ini tahapannya sudah mulai masuk pada komunikasi dengan PJ Gubernur Banten untuk masalah pembebanan lahan untuk menambah kapasitas parkir di rest area.

'Nanti kita cari di rest area, rest area diperluas, agar di rest area ada kantong-kantong parkirnya seperti itu, jadi orang yang mau masuk ke pelabuhan ditahan dulu disitu," pungkasnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini