Share

Pedagang Ngeluh Harga Cabai dan Bawang Mahal Banget Bikin Omzet Turun

Advenia Elisabeth, MNC Portal · Kamis 23 Juni 2022 11:06 WIB
https: img.okezone.com content 2022 06 23 320 2616631 pedagang-ngeluh-harga-cabai-dan-bawang-mahal-banget-bikin-omzet-turun-Ywt8lXlwNs.jpg Harga cabai rawit naik (Foto: Okezone)

JAKARTA – Para pedagang mengeluhkan harga cabai hingga bawang yang naik belakangan ini. Dewan Pimpinan Pusat Ikatan Pedagang Pasar Indonesia (DPP IKAPPI) pun ikut menyoroti kenaikan harga komoditas yang terus naik di beberapa minggu terakhir.

Sekretaris Jenderal DPP IKAPPI Reynaldi Sarijowan mengatakan, jelang Idul Adha pihaknya mencatat, cabai rawit meroket hingga tembus Rp110.000/kg, cabai merah keriting mencapai Rp90.000/kg, cabai merah besar (TW) naik menjadi Rp85.000/kg.

"Tak hanya itu, dari catatan kami, bawang merah tembus Rp60.000/kg, ayam di kisaran Rp40.000, kemudian telur tertinggi Rp29.000 dan beberapa komoditas lain," sebutnya, Rabu (22/6/2022).

Oleh sebab itu, Reynaldi meminta Kementerian Perdagangan dan Kementerian Pertanian untuk melakukan kolaborasi dengan Badan Pangan Nasional dan semua pihak stakeholder untuk memastikan produksi dan stok cukup pada periode kuartal ini.

Dalam hal ini, IKAPPI merekomendasikan, pertama Kemendag dan Kementan tidak saling menyalahkan melainkan saling berkoordinasi dalam rangka memastikan stok aman, dan distribusi terdorong dengan baik di pasar-pasar.

Baca Juga: Peduli Pejuang Kanker, Donasi Rambut Bersama Lifebuoy dan MNC Peduli Tengah Berlangsung!

"Kedua, kami meminta kepada pemerintah untuk membantu subsidi distribusi dari wilayah-wilayah yang surplus ke wilayah-wilayah yang kebutuhan konsumsinya cukup besar," ujar Reynaldi.

Ketiga, pemerintah diharapkan memberikan perhatian kepada para pedagang pasar yang mengalami turun omzet. Termasuk daya beli masyarakat.

"Terakhir, kami meminta kepada pemerintah untuk bersama-sama menjaga dan memulai pemangkasan rantai distribusi yang cukup panjang karena ini berdampak kepada harga," pungkasnya.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini