Share

Geram Ada Pelecehan Seksual, Erick Thohir: Jangan Ragu Lapor!

Tim Okezone, Jurnalis · Senin 27 Juni 2022 04:09 WIB
https: img.okezone.com content 2022 06 26 320 2618622 geram-ada-pelecehan-seksual-erick-thohir-jangan-ragu-lapor-LMz9uzu06a.jpg Menteri BUMN Erick Thohir geram dengan kejadian pelecehan seksual di KA (Foto:BUMN)

JAKARTA - Menteri BUMN Erick Tohir geram atas kejadian pelecehan seksual dalam perjalanan Kereta Api (KA). Menurutnya, perlindungan terhadap hak dan martabat manusia adalah prinsip yang mesti dijalankan oleh segenap elemen di BUMN. Selain itu Erick menegaskan akan menyeret setiap oknum yang menciptakan suasana tidak aman dan nyaman dalam moda transportasi.

Erick memandang, aksi oknum pelaku tidak dapat ditolerir. Erick pun telah memerintahkan kepada KAI agar segera memproses pelaku dengan sanksi administratif dan hukum. Sanksi administratif yang dijatuhkan adalah larangan bagi pelaku untuk naik moda transportasi publik.

"Terkait kasus yang beredar, kami bersama PT KAI telah tegas menentukan hukuman Blacklist bagi pelaku. Tidak boleh menggunakan layanan KA. Hukuman ini dapat diterapkan, mengingat sistem database penumpang PT KAI sudah mumpuni. Kasus ini menjadi pelajaran sekaligus peringatan bahwa BUMN tidak ragu untuk menerapkan hukuman atas tindakan pelecehan dan kekerasan seksual," ujarnya.

Erick juga telah melakukan koordinasi dengan aparat hukum untuk menindak pelaku. Koordinasi dengan aparat hukum juga dilakukan sebagai antisipasi untuk mencegah terjadinya peristiwa serupa.

"Tidak ada ruang untuk diskriminasi, pelecehan, dan kekerasan seksual di tubuh BUMN. Komitmen kami jelas, untuk melindungi korban, apapun gendernya. Komitmen ini dinaungi oleh payung hukum UU Penghapusan Kekerasan Seksual dan pasal 289 hingga 296 KUHP," katanya.

Selain itu, dirinya mengapresiasi petugas Kondektur bernama Wahyu yang melindungi seorang penumpang perempuan dari tindakan pelecehan seksual.

Baca Selengkapnya: Erick Thohir: Saya Prihatin dan Geram Ada Pelecehan Seksual di Kereta

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini