Share

Kabar Baik, Sulbar Segera Miliki Pelabuhan dan Tangki Penimbun BBM-LPG

Tim Okezone, Okezone · Senin 27 Juni 2022 16:44 WIB
https: img.okezone.com content 2022 06 27 320 2619109 kabar-baik-sulbar-segera-miliki-pelabuhan-dan-tangki-penimbun-bbm-lpg-zX7F7U2Fvc.jpg Pj Gubernur Sulawesi Barat Akmal Malik menandatangani MoU dengan PT Egi Inovasi Nusantara. (Foto: Okezone)

 JAKARTA - Pj Gubernur Sulawesi Barat Akmal Malik menandatangani nota kesepahaman atau Memorandum of Understanding (MoU) dengan PT Egi Inovasi Nusantara, Senin (27/6/2022) di Jakarta.

MoU kedua belah pihak terkait dengan penanaman modal investasi pembangunan pelabuhan dan tangki penimbun bahan bakar minyak (BBM) dan liquefied petroleum gas (LPG) di Sulawesi Barat.

"Secara teknis kerjasama ini akan ditindaklanjuti oleh BUMD Sulbar untuk pelaksanaan kegiatan operasional pembangunan pelabuhan dan tangki penimbun BBM dan LPG di Sulbar," kata Akmal Malik di Jakarta.

 BACA JUGA:Pemprov DKI Jakarta Manfaatkan Energi Terbarukan untuk Pelayanan Publik di Kepulauan Seribu

Dia menilai penandatanganan MoU antara Pemprov Sulbar dan Egi Inovasi Nusantara merupakan momentum strategis untuk mengoptimalkan posisi Sulbar sebagai penyangga daerah-daerah lain di wilayah sepanjang garis Selat Makassar.

"Nantinya dengan adanya pelabuhan dan tangki penimbun BBM, kapal-kapal akan singgah di Sulbar. Hadirnya infrastruktur baru ini juga akan menambah penghasilan masyarakat dan pemenuhan kebutuhan minyak wilayah Mandar secara umum," terang Akmal.

Baca Juga: Peduli Pejuang Kanker, Donasi Rambut Bersama Lifebuoy dan MNC Peduli Tengah Berlangsung!

Pasca penandatanganan MoU tersebut, Pemprov Sulbar menurut Akmal, menjamin kemudahan akses data dan informasi terkait potensi Sulbar untuk pembangunan pelabuhan dan tangki penimbun.

"Kami akan segera membentuk tim kerja yang akan menfasilitasi dan melaksanakan kesepakatan bersama sesuai dengan bidang kompetensi masing-masing," terang Akmal.

Erslan Gazali Ibrahim selaku Direktur Utama Egi Inovasi Nusantara yang menandatangani MoU tersebut menegaskan ruang lingkup kesepakatan terkait dengan pembangunan tangki penimbun BBM dan LPG, fasilitas pengisian air bersih ke kapal dan jasa bongkar muat.

Di sisi lain, Egi Nusantara berkewajiban melakukan studi potensi bisnis yang meliputi aspek teknis.

Komersialisasi dan keuntungan terkait kerjasama ini meliputi penanaman modal dan pengembangan pelabuhan serta tangki penimbun BBM dan LPG.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini