Share

Putin Segera Investasi Kereta hingga Nuklir di Indonesia

Iqbal Dwi Purnama, Jurnalis · Senin 04 Juli 2022 17:51 WIB
https: img.okezone.com content 2022 07 04 320 2623444 putin-segera-investasi-kereta-hingga-nuklir-di-indonesia-DDbMfBehoA.jpg Presiden Jokowi Bersama Presiden Rusia Putin. (Foto: Okezone.com/Setpres)

JAKARTA - Presiden Joko Widodo melakukan kunjungan yang disebut sebagai misi perdamaian, dengan mengunjungi dua negara yang saat ini tengah berkonflik, yaitu Rusia dan Ukraina.

Dismping itu, kunjungan presiden Jokowi ke negara berkonflik itu juga membawa 'oleh-oleh' investasi untuk pembanguann Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara di Kalimantan Timur.

Baca Juga: Bertemu Pangeran MBZ di Istana Al Shatie, Jokowi Bahas Perdagangan hingga Perubahan Iklim

Berikut beberapa proyek yang bakal di garap Indonesia hasil Investasi dari Rusia:

1. Russian Railways

Pada konferensi pers yang dilakukan Presiden Jokowi usai bertemu Presiden Rusia, Putin mengungkapkan ketertarikannya untuk menggarap Kereta Api di IKN Nusantara.

Baca Juga: Di Depan Presiden Jokowi, Vladimir Putin Jagokan Russian Railways Jadi Investor di IKN

Menurutnya Rusia dan Indonesia punya banyak potensi kerja sama bisnis dalam pengembangan infrastruktur transportasi dan logistik. Rencanaya perushaan Russian Railways bakal masuk untuk membangun jaringan kereta api di IKN Nusantara.

Seperti diketahui, Russian Railways sendiri merupakan perusahaan BUMN milik Rusia, perusahan tersebut mengklaim menjadi perusahaan terbesar kedua di dunia berdasarkan panjang jalur listrik yaitu sepanjang 43.850 km

2. Membangun Proyek Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir

Selain di sektor transportasi, Rusia juga berencana untuk melakukan investasi di sektor energi. Bahkan Rusia tertarik untuk membangun Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir.

Putin menyebutkan bahwa kemungkinan perusahan yang bakal menggarap Proyek tersebut adalah Rosatom State Corporation. Sebab menurut Putin, perusaan tersebut cukup memiliki pengalaman, kompetensi, hingga teknologi yang memadai untuk menjalankannya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini