Share

Di Depan Presiden Jokowi, Vladimir Putin Jagokan Russian Railways Jadi Investor di IKN

Rahman Asmardika, Jurnalis · Jum'at 01 Juli 2022 19:19 WIB
https: img.okezone.com content 2022 07 01 470 2622060 di-depan-presiden-jokowi-vladimir-putin-jagokan-russian-railways-jadi-investor-di-ikn-jQPrbDTXNv.jpg Pertemuan Presiden Jokowi dengan Presiden Rusia Vladimir Putin. (Foto: okezone.com/Setpres)

JAKARTA - Pertemuan Presiden Jokowi dengan Presiden Rusia Vladimir Putin membuahkan beberapa hasil. Selain misi perdamaian, kedua negara juga melakukan penjajakan investasi.

Salah satu yang dibahas dalam pertemuan tersebut, Presiden Rusia Vladimir Putin menjagokan Russian Railways untuk Investasi Kereta di Ibu Kota Nusantara (IKN), Kalimantan. Penegasan tersebut diungkapkan Presiden Putin saat Presiden Jokowi mengunjungi Kremlin, Moskow, Rusia.

Baca Juga: Disambangi Presiden Jokowi, Putin Bakal Investasi di Ibu Kota Nusantara

“Ada prospek yang baik untuk kontak bisnis pada pengembangan transportasi dan infrastruktur logistik. Secara khusus, Russian Railways dapat bergabung dalam implementasi inisiatif besar-besaran pimpinan Indonesia untuk memindahkan ibu kota negara ke Pulau Kalimantan,” kata Putin saat menyampaikan keterangan pers bersama di Kremlin, Kamis (29/6/2022).

“Ibukota Rusia, Moskow, yang menunjukkan sangat kecepatan yang baik dan kualitas perkembangannya sendiri, juga dapat mengambil bagian dalam pekerjaan ini, skala besar," tambahnya.

Baca Juga: Ini Pernyataan Lengkap Presiden Jokowi saat Bertemu Putin

Diketahui, Russian Railways adalah perusahaan milik Rusia yang mengoperasikan layanan kereta barang dan penumpang. Perusahaan itu juga menyediakan selain infrastruktur perkeretaapian.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyampaikan bahwa dirinya telah berdiskusi dengan Presiden Rusia Vladimir Putin membahas masalah terganggunya rantai pasok pangan dan pupuk yang bisa berdampak kepada ratusan juta masyarakat dunia, terutama di negara berkembang.

“Saya sangat menghargai Presiden Putin yang tadi menyampaikan bahwa memberikan jaminan keamanan pasokan pangan dan pupuk dari Ukraina maupun Rusia. Ini sebuah berita yang baik,” ujar Presiden dalam pernyataan pers bersama Presiden Putin, di Kremlin, Moskow, Rusia.

Kepala Negara juga menegaskan dukungan terhadap upaya Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) untuk mereintegrasi komoditas pangan Rusia dan Ukraina ke dalam rantai pasok global.

“Demi kemanusiaan, saya juga mendukung upaya PBB untuk reintegrasi komoditi pangan dan pupuk Rusia dan komoditi pangan Ukraina untuk masuk lagi dalam rantai pasok dunia. Khusus untuk jalur ekspor produk pangan Ukraina, terutama melalui jalur laut, tadi sekali lagi Presiden Putin sudah memberikan jaminannya,” ujar Presiden Jokowi.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini