Share

Rihanna Jadi Miliarder Wanita Termuda AS, Hartanya Capai Rp20,8 Triliun

Shelma Rachmahyanti, Jurnalis · Selasa 05 Juli 2022 15:05 WIB
https: img.okezone.com content 2022 07 05 455 2623972 rihanna-jadi-miliarder-wanita-termuda-as-hartanya-capai-rp20-8-triliun-jYpDrSU1xq.jpg Rihanna Jadi Miliarder Wanita Termuda As. (Foto: Okezone.com/Instagram)

JAKARTA - Rihanna menjadi miliarder wanita termuda Amerika Serikat (AS) dengan harta kekayaan senilai USD1,4 miliar atau setara Rp20,86 triliun (Rp14.900 per USD).

Wanita miliarder termuda di AS tidak tumbuh di gedung tinggi Manhattan atau Hollywood Hills. Adapun sumber kekayaan Rihanna berasal dari musik dan usaha wirausahanya sendiri.

Baru-baru ini, penyanyi 34 tahun dan CEO Fenty Beauty menghiasi daftar tahunan wanita terkaya di Amerika versi Forbes untuk tahun ketiga berturut-turut.

Dia berada di peringkat ke-21 secara keseluruhan, dan merupakan satu-satunya miliarder dalam daftar di bawah usia 40 tahun.

Beberapa kekayaan bersih Rihanna senilai USD1,4 miliar berasal dari karir musiknya yang sukses. Sebagian besar berasal dari tiga perusahaan ritelnya: Fenty Beauty, Fenty Skin, dan Savage X Fenty.

Baca Juga: Bansos dan BLT Siap Cair Rp441,3 Triliun di 2023

Pada bulan Maret, Bloomberg melaporkan pakaian dalam Savage X Fenty bekerja dengan penasihat pada IPO yang berpotensi bernilai USD3 miliar. Rihanna memiliki 30% dari perusahaan itu.

Diketahui, dia juga memiliki setengah dari Fenty Beauty, yang menghasilkan pendapatan USD550 juta pada tahun 2020. Setengah lainnya dimiliki oleh konglomerat mode mewah Prancis LVMH.

Angka-angkanya mengesankan, tetapi Rihanna mengatakan bahwa fokusnya bukan pada penilaian dan penghargaan.

Pada 2019, dia mengatakan kepada The New York Times 'T Magazine bahwa karena dia tidak pernah berencana menghasilkan banyak uang, mencapai tonggak keuangan "tidak akan menghentikan saya untuk bekerja."

Pemenang Grammy Award sembilan kali itu juga mengatakan dia ingin memberikan uang itu untuk tujuan itu.

Baca Juga: Realisasi Anggaran Bansos Rp58 Triliun, BLT Subsidi Gaji dan UMKM Belum Cair?

“Uang saya bukan untuk saya; itu selalu pemikiran bahwa saya dapat membantu orang lain, ”katanya seperti dilansir CNBC, Selasa (5/7/2022)

“Dunia benar-benar bisa membuatmu percaya bahwa hal yang salah adalah prioritas, dan itu membuatmu benar-benar kehilangan inti kehidupan, apa artinya hidup," tambahnya.

Pada 2012, Rihanna memulai dana filantropi, Clara Lionel Foundation (CLF). Ini bertujuan untuk “mendukung dan mendanai pendidikan inovatif dan inisiatif ketahanan iklim,” menurut situs webnya.

Salah satu inisiatif pertamanya, yang diluncurkan setahun setelah yayasan dimulai, mengumpulkan USD60 juta untuk wanita dan anak-anak yang terkena HIV/AIDS melalui penjualan dari lini lipstik penyanyi dengan MAC Cosmetics.

Pada bulan Januari, CLF berpasangan dengan inisiatif #SmartSmall dari salah satu pendiri Twitter Jack Dorsey untuk menyumbangkan gabungan USD15 juta ke 18 kelompok keadilan iklim yang berbeda.

Uang itu dimaksudkan untuk organisasi “yang berfokus pada dan dipimpin oleh perempuan, pemuda, Hitam, Pribumi, orang kulit berwarna dan komunitas LGBTQIA+” di AS dan Karibia, menurut situs web CLF.

“Di [CLF], sebagian besar pekerjaan berakar pada pemahaman bahwa bencana iklim, yang meningkat dalam frekuensi dan intensitas, tidak berdampak sama pada semua komunitas, dengan komunitas kulit berwarna dan negara kepulauan menghadapi beban perubahan iklim,” Rihanna mengatakan dalam sebuah pernyataan Januari.

Miliarder termuda berikutnya dalam daftar Forbes adalah Kim Kardashian yang berusia 41 tahun, yang memiliki kekayaan bersih USD1,8 miliar.

Kardashian dan saudara perempuannya Kylie Jenner - yang, pada usia 24, adalah non-miliarder termuda dalam daftar, dengan kekayaan bersih USD600 juta - juga telah menemukan kesuksesan di hiburan dan ritel, termasuk lini rias masing-masing. Shelma Rachmahyanti

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini