Share

BI Buka Peluang Suku Bunga Naik Jika Inflasi Meningkat Lagi

Kurniasih Miftakhul Jannah, Okezone · Rabu 13 Juli 2022 10:09 WIB
https: img.okezone.com content 2022 07 13 320 2628609 bi-buka-peluang-suku-bunga-naik-jika-inflasi-meningkat-lagi-MvzQBbpZPj.jpg Bank Indonesia (Foto: Okezone.com)

BALI - Bank Indonesia (BI) mengakui peningkatan inflasi terjadi di seluruh dunia. BI bahkan membuka peluang menaikkan suku bunga jika inflasi inti mulai meningkat.

Deputi Gubernur BI Juda Agung mengatakan, pengetatan kebijakan moneter yang agresif untuk mengatasi inflasi di beberapa negara maju ekonomi, telah memperketat kondisi keuangan global.

"Inflasi meningkat, didorong oleh tekanan sisi penawaran sebagai akibat wajar dari kenaikan harga komoditas internasional," kata dia di Nusa Dua Bali, Rabu (13/7/2022).

Kendati demikian, Juda memastikan inflasi inti tetap dalam target Bank Sentral. Sementara itu, inflasi volatile food (VF) meningkat, terutama dipengaruhi oleh kenaikan harga pangan global dan kendala sisi penawaran yang disebabkan oleh cuaca buruk.

Inflasi tekanan pada harga yang diatur (AP) tetap tinggi, dipengaruhi oleh harga tiket pesawat dan energi.

"Bank Indonesia akan tetap mewaspadai tekanan inflasi dan dampaknya terhadap ekspektasi inflasi, dan siap untuk menyesuaikan suku bunga jika ada tanda-tanda inflasi inti yang lebih tinggi terdeteksi," kata Juda.

Baca Juga: Peduli Pejuang Kanker, Donasi Rambut Bersama Lifebuoy dan MNC Peduli Tengah Berlangsung!

Di sisi lain, BI juga terus menjaga kecukupan likuiditas untuk mendukung pembiayaan perekonomian dan menjaga stabilitas sistem keuangan. Kebijakan makroprudensial tetap akomodatif untuk mendorong pembiayaan untuk perekonomian dan untuk mengatasi efek jaringan parut ekonomi.

"Kami juga memperkuat koordinasi dengan pemerintah pusat & daerah serta instansi terkait melalui tim pengendalian inflasi nasional & daerah (TPIP & TPID) untuk mengelola tekanan inflasi di sisi penawaran dan meningkatkan produksi," tukasnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini