Share

Hari Kedua FMCBG G20, Gubernur BI Singgung Tantangan Ekonomi Global

Kurniasih Miftakhul Jannah, Okezone · Sabtu 16 Juli 2022 08:25 WIB
https: img.okezone.com content 2022 07 16 320 2630561 hari-kedua-fmcbg-g20-gubernur-bi-singgung-tantangan-ekonomi-global-OzwYz3pl54.jpg Hari kedua Pertemuan Menteri Keuangan dan Bank Sentral G20 (Foto: Okezone)

JAKARTA - Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo membuka Pertemuan Finance Ministers and Central Bank Governor Meeting (FMCBG) G20. Ini merupakan pertemuan kedua setelah kemarin diskusi Presidensi G20 dibuka oleh Menteri Keuangan Sri Mulyani.

Perry menyinggung soal meningkatnya risiko dan ketidakpastian ekonomi global. Dia memastikan dalam pertemuan ini, negara G20 akan berkoordinasi dalam mencari solusi bagi kebangkitan ekonomi dunia.

"G20 sebagai forum utama untuk mengkoordinasikan masalah ekonomi global tetap berkomitmen untuk memberikan tindakan nyata untuk mendukung pertumbuhan dan pemulihan yang kuat, berkelanjutan, seimbang, dan inklusif," kata Perry, Sabtu (16/7/2022).

Dalam pertemuan kemarin, Perry bilang, negara G20 telah berdiskusi tentang ekonomi global, agenda kesehatan global, dan arsitektur keuangan internasional.

Pada perekonomian global, di tengah meningkatnya risiko dan ketidakpastian dihadapi, para Menteri dan Gubernur kembali menegaskan komitmennya untuk mendukung jalan menuju pemulihan ekonomi global.

"Penting bagi kita untuk tetap fokus pada apa yang telah kita rencanakan untuk dicapai tahun ini, karena ini juga akan mengirimkan pesan positif kepada komunitas global tentang peran dan upaya G20 untuk mendukung pemulihan global," kata dia.

Baca Juga: Hadirkan Acara Meet Eat Inspire, Hypernet Technologies Tawarkan Layanan untuk Produk Server dan Storage

Follow Berita Okezone di Google News

Untuk diketahui, pertemuan Menteri Keuangan dan Gubernur Bank Sentral ini merupakan pertemuan ketiga FMCBG pada jalur keuangan (finance track) di bawah Presidensi Indonesia, setelah sebelumnya diselenggarakan pada bulan Februari 2022 di Jakarta dan April 2022 di Washington D.C.

Rangkaian pertemuan ketiga FMCBG pada Presidensi G20 Indonesia ini dihadiri oleh delegasi asing secara fisik dengan jumlah terbesar selama periode Presidensi G20 Indonesia. Secara akumulatif, sebanyak 407 delegasi asing hadir secara fisik di Bali dan 120 delegasi hadir secara virtual. Di samping itu, tercatat 17​ Menteri Keuangan¹ dan 10​ Gubernur Bank Sentral² hadir secara fisik.

Dalam kesempatan ini, Presidensi G20 Indonesia kembali mengundang Menteri Keuangan Ukraina untuk hadir secara virtual. Kehadiran mayoritas delegasi negara G20, negara terundang (invitees), dan organisasi internasional secara fisik di Bali menunjukkan keseriusan dan komitmen global untuk mendukung Presidensi G20 Indonesia dan mendorong pemulihan ekonomi yang berkelanjutan, terutama di tengah meningkatnya tantangan global.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini