Share

Tips Mempersiapkan Dana Sekolah Anak hingga Jenjang Kuliah

Agustina Wulandari , Okezone · Selasa 19 Juli 2022 17:00 WIB
https: img.okezone.com content 2022 07 19 11 2632196 tips-mempersiapkan-dana-sekolah-anak-hingga-jenjang-kuliah-FP8BsrPMBF.jpeg Ilustrasi. (Foto: Dok. Freepik)

Bagi Anda yang sudah menjadi orang tua, ingin memberikan pendidikan yang terbaik bagi anak, karena tidak bisa dipungkiri kalau pendidikan merupakan aspek yang paling penting untuk mengembangkan potensi diri dan pengetahuan anak demi masa depan.

Oleh karena itu, persiapan dana pendidikan untuk anak harus direncanakan dengan sebaik-baiknya, karena pendidikan saat ini memakan biaya yang cukup banyak. Bukan hanya untuk membayar uang iuran sekolah atau masuk sekolah saja, masih ada biaya beli baju sekolah, hingga gadget untuk kebutuhan sekolah.

Mungkin untuk kebutuhan teknologi seperti tablet, laptop, hingga printer, Anda bisa memanfaatkan layanan aplikasi kredit seperti Kredivo, yang memiliki limit hingga Rp30 juta, dengan bunga mulai dari 0% untuk paylater 30 hari dan cicilan 3 bulan, serta bunga rendah 2,6% untuk tenor 6 bulan dan 12 bulan, yang bisa Anda gunakan di ribuan merchant online maupun offline.

Nah, sekarang saatnya membicarakan tentang persiapan dana sekolah anak hingga jenjang kuliah. Bagi Anda yang sedang merencanakannya, mari simak tips berikut:

Riset dan Tentukan Sekolah Pilihan

Langkah pertama sebagai persiapan dana sekolah hingga kuliah anak adalah melakukan riset dan menentukan pilihan sekolah. Sebelum menentukan pilihan, sebagai orang tua kamu juga harus mengetahui potensi dan bakat anak.

Sebab, setiap sekolah memiliki kelebihan dan kekurangan tersendiri, jadi Anda harus diskusikan dengan pasangan dan anak mengenai bakat dan minat anak dalam pendidikan atau kegiatan non formal lainnya. Jika sudah mengetahui bakat dan minat anak, sebagai orang tua hendaknya bisa menentukan mana sekolah yang cocok dan terbaik untuk bakat anak.

Misalnya, anak Anda memiliki potensi bermain basket, lebih baik Anda melakukan riset, sekolah mana yang memiliki klub basket yang bagus untuk mengembangkan potensi anak di luar pendidikan formal.

Hitung Perkiraan Biaya Sekolah

Ketika menghitung perkiraan biaya sekolah, Anda harus mempersiapkan dana pendidikan dalam jangka pendek, dan dalam jangka panjang. Hal ini tergantung situasi Anda sekarang, apabila Anda baru merencanakan dana pendidikan ketika anak sudah masuk SD, berarti Anda harus mempersiapkan dana pendidikan SMP untuk jangka pendek, dan SMA hingga kuliah untuk jangka panjang.

Memiliki perkiraan dana bisa memudahkan Anda menghitung berapa dana tabungan yang harus Anda kumpulkan sejak dini. Alangkah baiknya Anda memilih sekolah yang berkualitas, tetapi tetap sesuai dengan kemampuan finansial keluarga

Siapkan Tabungan Berjangka

Tabungan berjangka berfungsi untuk memisahkan dana pendidikan, serta persiapan dana pendidikan dalam jangka pendek. Dengan fitur autodebet pada tabungan berjangka, Anda akan disiplin dalam menabung, sehingga bisa memiliki sejumlah uang pada waktu yang ditentukan.

Namun, jika Anda memiliki bujet lebih untuk menabung, jangan lupa juga untuk memikirkan tabungan jangka panjang. Misalnya, Anda memiliki bujet Rp2 juta untuk dana pendidikan anak, dan anak akan masuk sekolah dalam jangka waktu 1 tahun. Lebih baik pisahkan Rp1,5 juta untuk tabungan berjangka dan Rp500 ribu untuk tabungan pendidikan jangka panjang.

Daftar Asuransi Pendidikan

Asuransi pendidikan bisa dibilang sama dengan persiapan dana pendidikan jangka panjang. Asuransi pendidikan anak juga banyak dipilih dan digunakan oleh banyak orang tua saat ini. Bagusnya asuransi daripada menabung di bank adalah Anda hanya bisa mengambil uang asuransi tersebut di jangka waktu yang telah ditentukan.

Oleh karena itu dana asuransi pendidikan ini lebih terjamin dan tidak akan membuat Anda goyah untuk menggunakan sedikit dana yang telah Anda persiapkan. Jangka waktu asuransi pendidikan ini bisa Anda sesuaikan dengan usia dan waktu sekolah anak nantinya.

Nah, seperti itulah tips untuk mempersiapkan dana sekolah anak hingga jenjang kuliah. Dikarenakan pendidikan adalah cara terbaik untuk mengembangkan potensi diri dan pengetahuan anak demi masa depan, jangan ditunda untuk mempersiapkannya.

Selamat mencoba!

CM

Baca Juga: Hadirkan Acara Meet Eat Inspire, Hypernet Technologies Tawarkan Layanan untuk Produk Server dan Storage

Follow Berita Okezone di Google News

(Wul)

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini