Share

Cara Membayar Pajak Motor Secara Online

Shelma Rachmahyanti, MNC Media · Kamis 21 Juli 2022 17:26 WIB
https: img.okezone.com content 2022 07 21 320 2633914 cara-membayar-pajak-motor-secara-online-I9Lm0CAISF.jpg Cara Membayar Pajak Motor Secara Online. (Foto: Okezone.com)

JAKARTA – Cara membayar pajak motor secara online. Kemajuan teknologi memudahkan berbagai hal, salah satunya yakni pembayaran pajak motor.

Dihimpun Okezone dari berbagai sumber, Kamis (21/7/2022), para pemilik motor bisa membayar pajak secara online melalui aplikasi Samsat Digital Nasional (SIGNAL).

Adapun bukti pembayaran pajak yang telah dibayarkan, nantinya akan dikirim langsung ke alamat Anda sebagai pemilik kendaraan.

Baca Juga: Uang Pajak Anda Larinya ke Mana Saja? Ini Jawabannya

Lantas, bagaimana cara membayar pajak motor secara online?

Diketahui, pembayaran pajak motor online dilakukan dengan menggunakan Kode Bayar yang terbit saat proses pengesahan STNK pada SIGNAL.

Di mana, Kode Bayar ini hanya berlaku selama 2 jam. Berikut langkah yang dilakukan setelah Anda mendapat Kode Bayar:

- Pilih notifikasi ‘Lanjut Proses Pembayaran’.

- Generate Kode Bayar, klik ‘Lanjut’.

Baca Juga: 5 Alasan Terbesar Orang Indonesia Enggan Bayar Pajak

- Pilih salah satu bank.

- Tampil Cara Pembayaran.

- Lakukan pembayaran.

Sebagai informasi, Jasa Raharja mencatat terdapat 40 juta kendaraan atau 39% dari total kendaraan belum melakukan pembayaran pajak kendaraan bermotor (PKB). Nominal potensi penerimaan pajak diperkirakan lebih dari Rp100 triliun.

Oleh sebab itu, Humas Jasa Raharja Panji mengatakan untuk menutupi kerugian diperlukan adanya upaya untuk menggali potensi pajak tersebut sesuai dengan kewenangan tiap instansi di Samsat.

Samsat berencana menghapus data kendaraan bermotor yang tidak membayar pajak kendaraan bermotor (PKB) sekurang-kurangnya dua tahun.

Hal ini dikarenakan ketidakpatuhan masyarakat dalam pembayaran PKB menjadi isu utama yang saat ini sedang dihadapi.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini