Share

Lewat Online, Kementerian ATR Pasarkan UMKM dengan Skema Pemanfaatan Aset Tanah

Iqbal Dwi Purnama, Okezone · Senin 25 Juli 2022 20:07 WIB
https: img.okezone.com content 2022 07 25 320 2636112 lewat-online-kementerian-atr-pasarkan-umkm-dengan-skema-pemanfaatan-aset-tanah-237VtiT88k.jpg Kementerian ATR soal pasarkan UMKM. (Foto: Okezone)

JAKARTA - Ikatan Istri Karyawan dan Karyawati (Ikawati) Kementerian ATR/BPN Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) melakukan penandatanganan kerja sama dan MoU (Memorandum of Understanding) bersama platform penjualan online, LaDaRa.

Tujuan dari adanya kerjasama itu adalah untuk memasarkan produk UMKM yang dihasilkan oleh masyarakat dengan skema pemanfaatan aset tanah.

Sehingga masyarakat yang mendapatkan akses permodalan bisa digunakan untuk kegiatan yang lebih produktif.

Nantinya para IKAWATI (Ikatan Istri Karyawan dan Karyawati (IKAWATI) Kementerian ATR/BPN se-Indonesia yang mencakup pengurus IKAWATI pusat, 33 instansi Kantor Wilayah Badan Pertanahan Nasional 473 instansi Kantor Pertanahan bakal memberikan pendampingan.

 BACA JUGA:Kementerian ATR Targetkan 7 Juta Sertifikat Tanah Diberikan ke Masyarakat Tahun Ini

Wakil Menteri ATR/BPN, Raja Juli Antoni mengatakan produk yang dihasilkan oleh para UMKM tersebut merupakan hasil dari pemberdayaan tanah yang dimiliki oleh masyarakat.

"Pihak dari IKAWATI saat ini sudah proses melakukan pemberdayaan tanah. Hasil kerjasama antara Kementerian ATR/BPN dengan LADARA yang memiliki platform online, untuk memasarkan produknya," ujar Raja Juli di Jakarta, Senin (25/7/2022).

Baca Juga: BuddyKu Festival, Generasi Muda Wajib Hadir

Follow Berita Okezone di Google News

Kerja sama yang dilakukan tersebut diharapkan dapat meningkatan akses pasar yang lebih luas, baik pasar dalam negeri maupun luar negeri sehingga bisa menciptakan UMKM naik kelas karena bisa menjual produknya di pasar global.

Pembina IKAWATI Kementerian ATR/BPN, Nanny Hadi Tjahjanto mengatakan saat ini memfokuskan perhatian lebih kepada sektor UMKM khususnya UMKM yang mengikutsertakan peran perempuan didalamnya.

"Dengan adanya kerja sama ini dapat membantu memperluas jangkauan pemasaran produk-produk UMKM yang dihasilkan sehingga lebih dikenal dan memiliki daya saing," sambungnya.

Ke depannya, kegiatan ini akan melibatkan anggota IKAWATI Kementerian ATR/BPN untuk dapat mendukung program pemberdayaan tanah masyarakat di bidang UMKM binaan Kementerian ATR/BPN, salah satunya melalui kegiatan pemasaran produk hasil UMKM.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini