Share

Dongkrak Harga TBS, Mendag Siap Ekspor 1 Juta Ton CPO ke China

Advenia Elisabeth, MNC Portal · Jum'at 29 Juli 2022 11:47 WIB
https: img.okezone.com content 2022 07 29 320 2638388 dongkrak-harga-tbs-mendag-siap-ekspor-1-juta-ton-cpo-ke-china-pZgDOiSHen.jpg Mendag tambah ekspor CPO 1 juta ton ke China (Foto: Reuters)

JAKARTA - Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan (Mendag Zulhas) bakal menambah ekspor CPO 1 juta ton ke China. Hal itu sebagai tidak lanjut hasil pertemuan bilateral antara Presiden Joko Widodo dengan Perdana Menteri RRT (Premier) Li Keqiang di Beijing, China.

"Kementerian Perdagangan siap dan akan segera menindaklanjuti hasil pertemuan bilateral Presiden Joko Widodo dengan Perdana Menteri RR) (Premier) Li Keqiang untuk menambah ekspor CPO 1 juta ton ke RRT. Komitmen ini diharapkan dapat memperlancar ekspor CPO Indonesia dan memperbaiki harga tandan buah segar (TBS) kelapa sawit di tingkat petani hingga di atas Rp2.000/kg," kata Mendag Zulhas dikutip dari keterangan resminya, Jumat (29/7/2022).

Ia menuturkan, pembelian CPO dari RRT ini tidak akan mengganggu stok bahan baku minyak goreng di dalam negeri sehingga kebutuhan minyak goreng tidak akan terganggu. Dengan stok yang melimpah, harga minyak goreng juga akan tetap stabil sesuai HET Rp14.000/liter.

"Saya menjamin bahwa harga minyak goreng tidak akan naik dan akan tetap stabil. Saat ini stok bahan baku minyak goreng sangat melimpah. Tangki-tangki CPO di dalam negeri masih penuh,” jelasnya.

Lebih lanjut, Mendag Zulhas menegaskan, skema DMO dan DPO masih tetap dipertahankan untuk menjamin suplai bahan baku minyak goreng ini tetap stabil.

Baca Juga: Hadirkan Acara Meet Eat Inspire, Hypernet Technologies Tawarkan Layanan untuk Produk Server dan Storage

Follow Berita Okezone di Google News

Nantinya, jika dia sudah mendapat komitmen dari produsen minyak goreng, ia baru akan menghapus kebijakan DMO dan DPO crude palm oil dan turunannya.

“Skema DMO dan DPO akan kami longgarkan setelah semua produsen minyak goreng dan industri CPO berkomitmen menjamin bahan baku minyak goreng tetap ada secara kontinu,” tegasnya.

Sebagai informasi, saat ini Kementerian Perdagangan tengah berupaya mempercepat ekspor CPO dan sejumlah produk turunannya. Tujuannya untuk mengosongkan tangki-tangki penampung CPO yang penuh sehingga industri CPO dapat menyerap TBS petani sawit. Melalui percepatan ekspor itu, harga TBS diharapkan bisa di atas Rp2.000/kg.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini