Share

7 Fakta Beli Pertalite Tak Wajib Pakai MyPertamina, Warga Jakarta-Bekasi Buruan Daftar!

Shelma Rachmahyanti, MNC Media · Minggu 31 Juli 2022 03:36 WIB
https: img.okezone.com content 2022 07 30 320 2638929 7-fakta-beli-pertalite-tak-wajib-pakai-mypertamina-warga-jakarta-bekasi-buruan-daftar-dP89M10lPQ.jpg Beli Pertalite Bakal Dibatasi. (Foto: Okezone.com/Pertamina)

JAKARTA – Masyarakat khususnya warga Jakarta dan Bekasi sudah bisa mendaftarkan kendaraannya sebagai syarat membeli Bahan Bakar Minyak (BBM) bersubsidi. Di mana hal tersebut berlaku 1 Agustus 2022.

Menurut Sekretaris Perusahaan Pertamina Patra Niaga Irto Ginting aplikasi digital itu berfungsi untuk mendata masyarakat agar penyaluran BBM bersubsidi ke depan bisa lebih tepat sasaran.

"Kami menyiapkan platform digital MyPertamina untuk membantu pencatatan orang-orang yang membeli BBM subsidi. Jadi ke depan, pencatatan data ini bisa digunakan untuk menetapkan kebijakan subsidi energi bersama pemerintah," kata Irto dalam konferensi pers di Jakarta.

Berikut fakta beli BBM subsidi tak wajib pakai MyPertamina yang dirangkum di Jakarta, Minggu (31/7/2022):

1. Berlaku Agustus 2022

Pertamina melalui PT Pertamina Patra Niaga membantah kabar yang menyebutkan beli BBM subsidi wajib pakai MyPertamina berlaku 1 Agustus 2022.

Secretary Corporate Pertamina Patra Niaga, Irto Ginting mengatakan pihaknya belum menentukan kapan pembatasan pembelian BBM Pertalite diberlakukan.

Baca Juga: Subsidi BBM Sebaiknya Diberikan dalam Bentuk BLT

Namun, yang pasti pihaknya selalu mengimbau agar masyarakat yang berhak menerima subsidi untuk segera mendaftar.

"Untuk pembelian BBM tidak wajib menggunakan aplikasi MyPertamina. Pembayaran juga bisa menggunakan cash," kata Irto saat dihubungi MNC Portal Indonesia, Minggu (24/7/2022).

2. Pembelian BBM Tak Wajib Gunakan MyPertamina

Secretary Corporate Pertamina Patra Niaga Irto Ginting memastikan, pendaftaran dapat dilakukan di booth pendaftaran yang disiapkan di SPBU melalui web subsiditepat.mypertamina.id maupun melalui aplikasi MyPertamina.

Irto kembali mengingatkan bahwa pembelian BBM tidak wajib menggunakan aplikasi MyPertamina.

Baca Juga: Beli Pertalite Dibatasi, Menteri ESDM: Insya Allah Agustus

Konsumen cukup menunjukkan QR Code yang sudah dicetak, maupun disimpan di ponsel.

3. Pertamina Lakukan Perluasan Uji Coba MyPertamina

Saat ini, Pertamina sedang melakukan perluasan uji coba MyPertamina di sejumlah wilayah, termasuk Bekasi dan DKI Jakarta.

Dengan demikian, cakupan wilayah uji coba aplikasi MyPertamina menjadi 50 kota atau kabupaten di 27 provinsi.

Masyarakat di wilayah uji coba tersebut bisa mendaftarkan identitas dan kendaraan di aplikasi MyPertamina, website MyPertamina, atau mendaftar langsung di SPBU. Uji coba ini baru berlaku untuk kendaraan roda 4 atau mobil.

4. Kode QR Digunakan Saat Membeli BBM Subsidi

Nantinya masyarakat yang sudah mendaftar dan dinilai berhak membeli BBM subsidi akan mendapatkan kode QR.

Kode inilah yang harus ditunjukkan calon konsumen saat membeli BBM subsidi.

Pertamina juga membolehkan kode QR tersebut dicetak sehingga masyarakat yang tidak membawa telepon genggam tetap bisa membeli BBM subsidi di SPBU dengan cara menunjukkan kode QR tersebut ke petugas.

5. Warga Jakarta dan Bekasi Daftar

PERTAMINA Patra Niaga Subholding Commercial and Trading Regional Jawa Bagian Barat mengatakan masyarakat DKI Jakarta dan Bekasi yang memiliki kendaraan roda empat bisa melakukan registrasi pendaftaran pada MyPertamina secara daring atau mendatangi SPBU untuk pembelian Pertalite maupun Bio Solar.

"Saat ini baru pendaftaran untuk pemilik kendaraan roda empat di situs subsiditepat.mypertamina.com, selain itu juga bisa mendaftar di aplikasi mypertamina atau ke Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) untuk dipandu cara pendaftarannya," ujar Area Manager Communication, Relations & CSR Pertamina Patra Niaga Subholding Commercial & Trading Regional Jawa Bagian Barat Eko Kristiawan dilansir dari ANTARA.

6. Cara Daftar

Area Manager Communication, Relations & CSR Pertamina Patra Niaga Subholding Commercial & Trading Regional Jawa Bagian Barat Eko mengatakan, saat ini pemilik kendaraan roda empat sedang dalam pendaftaran di web subsiditepat.mypertamina.id atau di aplikasi mypertamina atau datang ke SPBU untuk dipandu pendaftarannya.

Eko mengimbau agar masyarakat DKI Jakarta dan Bekasi dapat segera melakukan registrasi MyPertamina.

"Semoga masyarakat dapat segera mendaftar agar penggunaan BBM Bersubsidi tepat sasaran," katanya.

7. Alur Pendaftaran hingga Beli BBM

Pertamina menegaskan pendaftaran pembelian bahan bakar minyak bersubsidi melalui platform digital MyPertamina hanya dikhususkan untuk pemilik kendaraan roda empat.

Pada tahap ini, pendaftaran fokus untuk melakukan pencocokan data antara yang didaftarkan oleh masyarakat dengan dokumen dan data kendaraan yang dimiliki.

Setelah statusnya terdaftar, masyarakat akan mendapatkan kode QR yang akan diterima melalui notifikasi pada laman subsiditepat.mypertamina.id ataupun melalui surat elektronik.

Kode QR itu bisa dicetak dan dibawa ke SPBU, sehingga tidak wajib mengunduh aplikasi MyPertamina atau membawa ponsel ke SPBU.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini