Share

Ini Sanksi dan Hukuman Bagi Penerima Beasiswa LPDP yang Tak Kembali ke RI

Rina Anggraeni, Sindonews · Sabtu 30 Juli 2022 12:03 WIB
https: img.okezone.com content 2022 07 30 320 2639027 ini-sanksi-dan-hukuman-bagi-penerima-beasiswa-lpdp-yang-tak-kembali-ke-ri-b2l1iYXGxN.jpg Ilustrasi (Foto: Sindonews)

JAKARTA - Ada sanksi dan hukuman bagi penerima beasiswa LPDP yang tak kembali ke RI. Penerima beasiswa Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) ini viral di akun media sosial dikarenakan tak mau pulang ke Indonesia.

Hal ini dibagikan seorang netizen melalui sebuah tangkapan layar berisi percakapan yang diunggah di media sosial.

Diketahui, dalam percakapan tersebut berisi obrolan mengenai penerima beasiswa LPDP yang tidak kembali ke Indonesia usai menyelesaikan pendidikan.

Bahkan, penerima beasiswa itu rela melakukan pekerjaan kasar hanya demi mengindari pajak di UK.

LPDP mengatakan pihaknya telah bekerja sama dengan Direktorat Jenderal Imigrasi. Hal ini dilakukan untuk menelusuri keberadaan para penerima beasiswa LPDP.

Baca Juga: Saatnya Anak Muda Bangkit Bersama untuk Indonesia Bersama Astra

“Guna meminimalkan terjadinya pelanggaran tidak kembali ke Indonesia setelah studi, LPDP telah bekerja sama dengan Direktorat Jenderal Imigrasi untuk menelusuri keberadaan para Awardee,” tulis akun @LPDP_RI.

Adapun alumni penerima beasiswa LPDP wajib berada di Indonesia selambat-lambatnya 90 hari kalender setelah tanggal kelulusan penerima beasiswa.

“Alumni wajib berada di Indonesia selambat-lambatnya 90 (sembilan puluh) hari kalender setelah tanggal kelulusan penerima beasiswa berdasarkan dokumen kelulusan resmi dari Perguruan Tinggi Tujuan,” tambah akun @LPDP_RI.

Lalu, penerima LPDP yang  tidak juga kembali setelah 30 hari kalender diberikan sanksi ringan satu, maka akan diberikan sanksi administrasi berupa diberhentikan dari statusnya sebagai penerima beasiswa dan wajib mengembalikan dana beasiswa.

"Pemberhentian sebagai penerima beasiswa dengan kewajiban pengembalian dana studi yang telah diterima," tulis keterangan LPDP.

Adapun jenis-jenis pekerjaan yang diperbolehkan untuk pengecualian ketentuan wajib berkontribusi di Indonesia sekurang-kurangnya dua kali masa studi adalah PNS yang ditugaskan di luar negeri, pegawai BUMN yang ditugaskan di luar negeri, dan pegawai lembaga internasional: PBB, World Bank, ADB, dan IDB.

Sebagai informasi, beasiswa Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) menjadi beasiswa populer para pelajar Indonesia untuk bisa melanjutkan kuliahnya baik di dalam maupun di luar negeri.

Di dalam beasiswa LPDP tersebut, tentu ada rincian komponen biaya yang akan didapatkan para awardee untuk menunjang perkuliahannya. (RIN)

1
3

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini