Share

Bingung Atur Keuangan? Ikuti Aja Tips Biar Gak Boros dari Carysha di Sini!

Tim Okezone, Okezone · Sabtu 30 Juli 2022 07:21 WIB
https: img.okezone.com content 2022 07 30 622 2638937 bingung-atur-keuangan-ikuti-aja-tips-biar-gak-boros-dari-carysha-di-sini-dQS8BHiSpu.jpg Tips Bias Gak Boros dari Carysha. (Foto: Okezone.com/MNC)

JAKARTA - Carysha Sumau atau yang biasa dikenal dengan Carysha adalah seorang konten kreator yang aktif di YouTube Channel pribadinya. Carysha yang sudah memiliki seorang suami dan dua orang anak ini kerap membagikan video tentang kecantikan, gaya hidup, ataupun vlog bersama keluarga kecilnya tersebut.

Seperti pada video yang diunggah tanggal 22 Juli 2022, Carysha membagikan tips untuk siapa saja yang merasa begitu boros dalam mengeluarkan uang setiap bulannya. Tips mengatur keuangan ini begitu mudah untuk diikuti dengan catatan kalau kita harus konsisten untuk keluar dari sifat boros yang menimbulkan efek negatif ke depannya.

Baca Juga: Tips Belanja Bulanan Hemat dengan MotionPay

Berikut tips mengatur keuangan supaya tidak boros ala Carysha:

1. Budgeting. Lakukan pencatatan pengeluaran secara berkala. Hal ini dilakukan agar kita bisa tahu barang apa saja yang menjadi kebutuhan pokok dan barang apa yang tersier atau impulsif saja. Dari sini, kita bisa mengalokasikan dana tersebut ke ha-hall yang lebih penting.

2. Menabung. Sangat penting untuk jangka panjang maupun jangka pendek. Kita bisa menggunakan dana tabungan tersebut untuk hal urgent yang tidak terduga, sehingga akan sangat memudahkan kehidupan kita di masa yang akan datang.

Baca Juga: Tips MotionTrade: Produk Investasi yang Cocok Bagi Fresh Graduate

3. Hidup tanpa hutang. Jauhkan diri dari cicilan yang tidak terlalu diperlukan. Dan jika memungkinkan, jangan aktifkan metode pembayaran pay later di e-commerce favorit kita. Hidup dengan hutang pastinya membuat diri lebih terbebani, bukan?

Selain itu, Carysha juga memberikan 3 rumus mudah untuk mengatur alokasi keuangan:

1. Bagi keuangan menjadi 3 bagian. 50% untuk kebutuhan pokok, 30% untuk kebutuhan lifestyle, dan 20% untuk kebutuhan tabungan/investasi.

2. Bagi keuangan menjadi 4 bagian. 40% untuk kebutuhan pokok, 30% untuk cicilan, 20% untuk tabungan/investasi, dan 10% untuk beramal.

3. Bagi keuangan menjadi 2 bagian. 80% untuk kebutuhan pokok dan konsumtif, serta 20% untuk tabungan/investasi.

Lanjut lagi Carysha memberikan tips untuk investasi agar uang tabungan bisa berkembang. Ada beragam jenis investasi yang bisa diikuti mulai dari yang low risk hingga yang high risk. Maka dari itu, kita harus bisa menentukan dan memilih investasi mana yang cocok dan sesuai dengan kemampuan kita.

Nah, mudah bukan tips mengatur keuangan yang diberikan Carysha? Asal kita melakukannya dengan konsisten, masa depan pastinya akan lebih terjamin. Buat yang penasaran ingin mengetahui penjelasannya lebih detail, langsung aja cek videonya hanya di YouTube Channel CARYSHA, ya.

PT Suara Mas Abadi (SMA) dengan label Hits Records adalah perusahaan bergerak dalam bidang industri rekaman di bawah PT Star Media Nusantara (SMN) yang merupakan bagian dari PT MNC Studios International Tbk.

Hits Records memantapkan fokusnya kepada karya musik bergenre Pop, Folks, RnB, dll. Kesuksesan Hits Records dapat dilihat dari talenta-talenta yang dimiliki, seperti Andmesh Kamaleng, Mahalini Raharja, Nuca, Novia Bachmid, dll.

PT Suara Mas Abadi mengembangkan diri dengan membentuk divisi digital yang diberi nama StarHits dengan fokus untuk monetisasi aset digital MNC group, bekerjasama dengan banyak konten kreator untuk memproduksi konten yang bermutu.

StarHits juga ditunjuk oleh YouTube sebagai MCN (Multi Channel Network). Selain menyediakan layanan dalam pengelolaan konten, StarHits memiliki tujuan untuk mendistribusikan konten secara efektif ke seluruh platform media untuk meningkatkan jangkauan audiens, perlindungan konten atau hak cipta, & monetisasi konten.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini