Share

Presiden Jokowi Resmikan Pelabuhan Kijing Mempawa Hari Ini

Suparjo Ramalan, iNews · Selasa 09 Agustus 2022 07:44 WIB
https: img.okezone.com content 2022 08 09 320 2644376 presiden-jokowi-resmikan-pelabuhan-kijing-mempawa-hari-ini-oj6WVx79Hf.jpg Presiden Jokowi akan resmikan pelabuhan Kijing (Foto: MPI)

JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) dijadwalkan meresmikan Proyek Strategi Nasional (PSN), Pelabuhan Kijing, Mempawa, Kalimantan Barat (Kalbar) Selasa (9/8/2022) hari ini.

Berdasarkan sumber yang diperoleh MNC Portal Indonesia di Pelabuhan Kijing, Mempawa, Kepala Negara didampingi Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadu, dan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono.

Saat ini PT Pelabuhan Indonesia (Persero) atau Pelindo selaku BUMN pengelola Pelabuhan Kijing tengah menyiapkan kebutuhan teknis menjelang peresmian.

Terminal Kijing merupakan pengembangan dari Pelabuhan Pontianak, yang menjadi salah satu Proyek Strategis Nasional pemerintah. Terminal Kijing diproyeksikan menjadi kawasan pelabuhan terbesar di Kalimantan, dan akan menjadi salah satu pelabuhan hub di Indonesia.

Baca Juga: BuddyKu Fest: Challenges in Journalist and Work Life Balance Workshop

Follow Berita Okezone di Google News

Luas kawasan pelabuhan ini mencapai 200 hektar, meliputi area terminal di sisi laut, trestle sepanjang 3,5 kilometer, serta area kantor dan sarana pendukung pelabuhan lainnya di sisi darat.

Sebagai pelabuhan hub, Terminal Kijing dirancang untuk mampu melayani kapal kontainer ukuran besar dengan kapasitas di atas 10 ribu TEUs. Terminal peti kemasnya sendiri dibangun dengan kapasitas 2 juta TEUs per tahun.

Pembangunan pelabuhan ini pun diharapkan dapat mengintegrasikan kawasan industri yang berada di Kalimantan Barat.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini