Share

Transformasi BUMN Berhasil Selamatkan Jiwasraya dan Garuda Indonesia

Anggie Ariesta, Jurnalis · Rabu 17 Agustus 2022 17:04 WIB
https: img.okezone.com content 2022 08 17 320 2649581 transformasi-bumn-berhasil-selamatkan-jiwasraya-dan-garuda-indonesia-EZsCJ1wNpa.jpg Garuda Indonesia (Foto: Okezone)

JAKARTA - Staf Khusus Menteri BUMN, Arya Sinulingga menyatakan bahwa selama ini transformasi BUMN berhasil dengan misi penyelamatan terhadap perusahaan yang dianggap bermasalah.

"Disisi lain, kita sudah melakukan penyelamatan-penyelamatan di BUMN, kita tahu kasus Jiwasraya, kita tahu kasus Waskita, kita tahu kasus Asabri, yang terbaru Garuda dan kita berhasil melakukan restrukturisasi terhadap Garuda," jelas Arya dalam dalam Webinar BUMN Lokomotif Pemulihan Ekonomi Nasional oleh MNC Portal, Rabu (17/8/2022).

Untuk kasus Garuda, kata Arya, banyak pihak yang menyebut sudah tidak bisa diselamatkan lagi dimana utang maskapai terbesar itu bisa dipotong BUMN hingga 81%.

mnc

Tak hanya itu, BUMN berhasil menurunkan uang sewa pesawat Garuda ke depan diturunkan sampai 70%.

"Kita telah melakukan restrukturisasi di perusahaan BUMN untuk menyehatkan BUMN nya juga," tegasnya.

Disisi lain, BUMN juga tak lupa dengan masalah hukum yang harus ditegakkan dan hal itu bentuk kerja sama dengan Kejaksaan Agung yang berjalan baik.

BUMN saat ini, lanjut Arya, juga melakukan perubahan di bagian human capital guna mencegah terjadinya masalah yang lalu. Adapun transformasi yang dilakukan adalah mengajak staff milenial untuk diberi kesempatan 10% hingga posisi Direksi.

Hal tersebut dilakukan untuk memperlebar jalan karir milenial dan bagi staff perempuan diberikan kesempatan hingga 25.

"Jadi di hampir semua BUMN ini ada, karena kita tahu tanpa adanya SDM baik di BUMN transformasi ini bisa berhenti dan tidak akan berlanjut karena SDMnya tidak yang terbaik maka kami cari yang terbaik," jelasnya.

Webinar HUT Kemerdekaan ini diukung oleh MNC Play yang merupakan provider internet super cepat unlimited 100% Fiber Optic dan TV kabel berlangganan dengan channel TV Nasional terlengkap di Indonesia.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini