Share

Kenakan Baju Adat Rote di HUT RI, Erick Thohir: Baju Ini Gambarkan Kewibawaan dan Kepercayaan

Antara, Jurnalis · Rabu 17 Agustus 2022 15:52 WIB
https: img.okezone.com content 2022 08 17 320 2649537 kenakan-baju-adat-rote-di-hut-ri-erick-thohir-baju-ini-gambarkan-kewibawaan-dan-kepercayaan-jJz855KKiR.jpg Menteri BUMN Erick Thohir Bersama Istri (Foto: Okezone)

JAKARTA - Menteri BUMN Erick Thohir menyatakan dirinya memilih mengenakan baju adat dari daerah Nusa Tenggara Timur (NTT) saat Upacara HUT Ke-77 Republik Indonesia untuk menunjukkan berbagai perbedaan di Indonesia dapat menjadi kekuatan bangsa.

"Kita Bhinneka Tunggal Ika, NKRI, perbedaan adalah sebuah kekuatan walaupun saya setengah Lampung, setengah Jawa Barat. Saya mengapresiasi kebudayaan suku-suku lain, dan baju ini menggambarkan kewibawaan dan kepercayaan," kata Erick Thohir di lingkungan Istana Kepresidenan Jakarta, Rabu (17/8/2022).

Erick Thohir mengenakan baju adat dari Rote dengan atasan dan bawahan hitam tapi menyampirkan kain tenun di pundak kanan dan mengenakan topi khas Rote, yaitu ti'i langga yang menyerupai topi Meksiko.

Bahan pembuat ti'i langga adalah daun lontar yang sudah kering dan berwarna kuning kecokelatan. Topi khas masyarakat Rote ini menjadi simbol kepercayaan untuk setiap yang menggunakannya.

"Artinya apa? Kita kan tuan rumah G20, cocoklah Indonesia yang dipercaya dan berwibawa, itu yang coba kita simbolkan lewat G20," ungkap Erick.

Baca Juga: Hindari Masalah Kesehatan yang Mungkin Timbul Setelah Penerbangan Jarak Jauh

Baca Juga: BuddyKu Fest: Challenges in Journalist and Work Life Balance Workshop

Follow Berita Okezone di Google News

Terkait dengan makna kemerdekaan 77 tahun, Erick menyebut Indonesia adalah bangsa yang tahan banting.

"Saat ada masalah politik, ekonomi tahun 1998, tahun 2008 juga ada krisis ekonomi, kemarin ada COVID-19 dan sekarang (masalah) geoplitik, bangsa Indonesia terus bangkit, padahal negara-negara lain 'underestimate' atau melihat Indonesia tidak akan mampu. Itulah kekuatan bangsa kita, gotong royong kita, kebersamaan kita, bagaimana kita selalu saling asih, saling asuh supaya kita menjadi yang terbaik," tambah Erick.

Tema HUT Ke-77 RI adalah "Indonesia Pulih Lebih Cepat, Bangkit Lebih Kuat".

Dalam Upacara Peringatan Detik-Detik Proklamasi tahun 2022, para undangan kembali mengenakan baju adat berbagai daerah di Indonesia.

Presiden Joko Widodo dan Ibu Negara Iriana Jokowi mengenakan baju adat Dolomani dari Buton, Provinsi Sulawesi Tenggara.

Presiden Jokowi mengenakan baju dengan dominasi warna merah dan putih, sedangkan Ibu negara mengenakan pakaian dengan warna biru cerah dan emas.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini