Share

Pemerintah Perlu Perhatikan Inflasi dari Krisis Pangan di Tahun Depan

Anggie Ariesta, Jurnalis · Rabu 17 Agustus 2022 21:32 WIB
https: img.okezone.com content 2022 08 17 320 2649676 pemerintah-perlu-perhatikan-inflasi-dari-krisis-pangan-di-tahun-depan-yJQhGc8qaO.jpeg Inflasi (Foto: Okezone)

JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengucapkan inflasi sebanyak 7 kali dalam pidato Nota Keuangan RAPBN 2023. Adapun yang perlu dicermati bukan hanya soal harga BBM, tapi juga inflasi dari pangan.

Direktur Eksekutif Celios, Bhima Yudhistira mengatakan, pemerintah sebaiknya memperhatikan kondisi sektor pertanian karena tantangan ke depan adalah inflasi.

"Ini memang pak Jokowi dalam 2022-2023 tidak main-main soal inflasi, nah dalam pidato itu disinggung juga soal pangan terlepas dari masalah energi ini juga permasalahan soal krisis pangan," kata Bhima dalam Webinar BUMN Lokomotif Pemulihan Ekonomi Nasional oleh MNC Portal, Rabu (17/8/2022).

mnc

Menurut Bhima, perlu adanya koordinasi holding perkebunan BUMN dan holding pupuk BUMN.

Hal itu cukup krusial mengingat dalam menjaga pasokan pangan khususnya dalam meningkatkan produktivitas lahan pertanian.

Selain itu untuk memastikan penyaluran subsidi pupuk tepat sasaran, hingga bekerjasama dengan petani untuk pengolahan pasca panen.

"Syukur-syukur sektor pertanian Indonesia masih bisa mengirim pasokan berlebih untuk menambah devisa ekspor dan membantu negara lain yang hadapi krisis pangan," jelasnya.

Sebelumnya, kata Bhima, Jokowi baru mendapat penghargaan soal swasembada beras, masih banyak pangan potensial lainnya yang bisa di swasembada sekaligus mengekspor ke negara lain.

Diketahui, Indonesia juga berhasil mengendalikan inflasi di kisaran 4,9%. Angka ini jauh di bawah rata-rata inflasi ASEAN yang berada di sekitar 7%.

Webinar HUT Kemerdekaan ini diukung oleh MNC Play yang merupakan provider internet super cepat unlimited 100% Fiber Optic dan TV kabel berlangganan dengan channel TV Nasional terlengkap di Indonesia. 

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini