Share

7 Bunga di Pecahan Uang Kertas Baru, Nomor 2 Berwarna Eksotis

Rina Anggraeni, Okezone · Senin 22 Agustus 2022 13:48 WIB
https: img.okezone.com content 2022 08 22 622 2652066 7-bunga-di-pecahan-uang-kertas-baru-nomor-2-berwarna-eksotis-YTEiREH3T5.jpg Uang Baru Indonesia (Foto:Bank Indonesia)

JAKARTA-  Ada 7 bunga di pecahan uang kertas baru menarik untuk diulas. Uang TE 2022 terdiri atas pecahan uang Rupiah kertas Rp100.000, Rp50.000, Rp20.000, Rp10.000, Rp5.000, Rp2000, dan Rp1000, dengan telah visual setiap pecahan Uang TE 2022 dalam rincian berikut.

Uang TE 2022 tetap mempertahankan gambar utama pahlawan nasional pada bagian depan, serta tema kebudayaan Indonesia (gambar tarian, pemandangan alam, dan flora) pada bagian belakang sebagaimana Uang TE 2016. Terdapat tiga aspek inovasi penguatan Uang TE 2022 yaitu desain warna yang lebih tajam, unsur pengaman yang lebih andal, dan ketahanan bahan uang yang lebih baik.

Berikut 7 bunga di pecahan uang kertas baru yang dirangkum Okezone dari berbagai sumber:

1. Bunga Jepun Bali

Sebagai negara tropis, Indonesia memiliki keanekaragaman hayati yang sangat berlimpah. Hal ini ditandai dari keragaman flora negara kita yang tidak dimiliki negara lain. Salah satunya bunga Jepun Bali. Dipilihnya bunga Jepun Bali dianggap selaras dengan visual tarian yang tercetak pada pecahan uang yang sama, yakni Tari Legong dari Bali.

Baca Juga: BuddyKu Fest: 'How To Get Your First 10k Follower'

Follow Berita Okezone di Google News

2. Bunga Anggrek Hitam

Spesies anggrek ini umumnya tumbuh di Semenanjung Malaya, Kalimantan, dan Sumatera. Anggrek hitam memiliki nama latin Coelogyne pandurata. Dinamakan anggrek hitam karena memiliki lidah yang berwarna hitam, dan sedikit garis-garis berwarna hijau dan berbulu. Selain warnanya yang eksotis, bunga ini juga memiliki aroma yang sangat harum. Sayangnya, populasi anggrek hitam sudah semakin menurun seiring penyempitan luas hutan di kawasan Kalimantan. Tapi bagi Anda yang ingin melihat secara langsung, anggrek hitam masih bisa dijumpai di cagar alam Kersik Luway.

3. Bunga Anggrek Bulan

Jenis bunga Anggrek terlihat pad apecahan uang Rp100.00. Anggrek sendiri banyak tumbuh di wilayah Indonesia. Adapun, bunga anggrek bulan ditetapkan sebagai Puspa Pesona karena bunga ini memiliki penampakan yang sangat indah dengan bentuk yang cantik.

4. Bunga Sedap Malam

Gambar bunga ini tercetak pada uang baru pecahan Rp 5.000. Bunga Sedap Malam  juga digunakan sebagai hiasan sekaligus pengharum ruangan yang dipasarkan ke berbagai kota seperti Jakarta, Surabaya, dan Yogyakarta

5. Bunga Jeumpa

Jenis bunga Jeumpa ini tercetak di uang baru pecahan Rp2.000.Bunga ini banyak ditemukan di daerah Sumatera, khususnya Aceh. Bungong Jeumpa sendiri merupakan judul lagu daerah asal Aceh yang melambangkan semangat dan keindahan.

6. Bunga Anggrek Larat

Jenis bunga anggrek ini tergambar pada uang baru pecahan Rp 1.000. Bunga ini populer dengan kelopaknya yang berwarna keunguan.

7. Bunga Cempaka Hutan Kasar

Gambar bunga ini tercetak pada uang baru pecahan Rp10.000.Bunga ini  merupakan pohon yang biasa dimanfaatkan oleh masyarakat Sulawesi Utara untuk memproduksi kayu.

(RIN)

1
3

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini