Share

Kereta Cepat Jakarta-Bandung Beroperasi 2023, Pengusaha Travel Makin Untung?

Arif Budianto, Koran Sindo · Rabu 24 Agustus 2022 17:25 WIB
https: img.okezone.com content 2022 08 24 320 2653774 kereta-cepat-jakara-bandung-beroperasi-2023-pengusaha-travel-makin-untung-QNoncW6laY.jpg Kereta Cepat Jakarta-Bandung. (Foto: Okezone)

BANDUNG - Proyek kereta cepat Jakarta-Bandung ditargetkan selesai pada 2023.

Lalu bagaimana nasib bisnis travel Bandung-Jakarta yang sejauh ini tumbuh subur menghubungkan antar dua wilayah tersebut?

Direktur Utama PT Citra Maharlika Lintas Wahana atau Lintas Shuttle Ori Setianto mengatakan, persaingan bisnis transportasi Bandung-Jabodetabek kedepan akan semakin kompleks.

Tak hanya bersaing dengan sesama travel, tapi juga dengan pesawat terbang dan kereta cepat yang sebentar lagi akan beroperasi.

 BACA JUGA:Ridwan Kamil: Uji Coba Kereta Cepat Saat Summit G20 di November 2022

"Ke depan saingan kami akan semakin banyak. Tak hanya travel, pesawat, bus, tapi akan ada kereta cepat, " kata Ori pada acara training bagi driver Lintas Shuttle di Pasteur Drop Point Lintas Shuttle Pasteur, Jalan Djunjunan, Bandung, Rabu (24/8/2022).

Kendati begitu, dia menyebut, Jakarta Bandung adalah rute gemuk.

Cocok untuk pengembangan bisnis shuttle dengan spesifikasi mengantarkan penumpang ke titik atau daerah terkecil.

Ini akan menjadi kelebihan tersendiri bagi travel di tengah segera beroperasinya kereta cepat.

"Kereta cepat itu moda transportasi alternatif, kita tidak head to head dengan kereta cepat. Target marketnya berbeda. Tiket saja kan berbeda, mereka Rp300 ribuan, artinya marketnya berbeda, " jelasnya.

Selain itu, rute kereta cepat juga terbatas di dua pemberhentian saja.

Sementara travel akan lebih leluasa menjangkau daerah kecil atau pusat kota.

"Sesekali mereka (penumpang) akan coba kereta cepat, tapi kalau harga lumayan mahal, akan jadi petimbangan juga. Sedangkan penggunaan shuttle adalah pekerja komuter," katanya.

Baca Juga: Saatnya Anak Muda Bangkit Bersama untuk Indonesia Bersama Astra

Saat ini, mayoritas penggunaan Lintas Shuttle adalah pelanggan komuter yang bekerja di Jakarta namun tinggal di Bandung.

Penumpang ini cukup mendorong volume penumpang harian atau akhir pekan.

"Nanti September kami optimistis akan kembali naik, karena mahasiswa sudah mulai kuliah. Kami yakin penumpang akan kembali normal seperti sedia kala. Biasanya, penumpang mahasiswa menyumbang hingga 30% penumpang kami," katanya.

Sejalan dengan potensi penumpang yang terus naik, pihaknya selaku PT Citra Maharlika Lintas Wahana mengadakan Training bagi Pengemudi dengan tema “Ngoprek 1.0 (Ngobrol Pagi Etika Berkendara).

Training bekerjasama dengan Polrestabes Bandung. Total ada 140 pengemudi dan mekanik yang ikut pada training ini.

Merurut Ori, dalam rangka menjaga pelayanan agar tetap prima, Lintas Shuttle selalu mengadakan Training bagi seluruh karyawannya secara rutin tanpa terkecuali, termasuk Pengemudi.

Menurutnya, pengemudi memiliki peran penting dalam perusahaan transportasi, pengemudi diharapkan tidak hanya sekedar bisa membawa kendaraan dan mengantar penumpang dari satu kota ke kota lainnya.

Namun juga harus mampu membawa kendaraan dan penumpang dengan aman, nyaman dan selamat sampai tujuan.

"Training ini akan kami gelar secara berkala, setidaknya satu tahun tiga kali. Ini bukan menggurui, tapi menginginkan kembali para driver kami pentingnya menjaga keselamatan di jalan. Harapannya bisa menaikkan kepercayaan penumpang," katanya.

Sementara itu, Kanit Kamsel Polrestabes Bandung IPTU M Andri S mengatakan, materi yang diberikan di antaranya adalah standar pelayanan pengemudi, pemeliharaan kendaraan dan etika berkendara.

Dengan pelaksanaan training tersebut diharapkan Pengemudi Lintas Shuttle menjadi lebih terlatih, lebih sabar dan siap menerima keadaan apapun selama diperjalanan, seperti menghadapi kemacetan di jalan, manuver kendaraan lain ataupun memahami keinginan penumpang yang berbeda-beda.

"Kami berharap pengemudi Lintas Shuttle harus dapat menjadi Pelopor Keselamatan Berlalu Lintas," pungkasnya.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini