Share

Luhut: Pandemi Covid-19 Berhasil Dikendalikan, Ekonomi RI Membaik

Heri Purnomo, iNews · Kamis 25 Agustus 2022 16:31 WIB
https: img.okezone.com content 2022 08 25 320 2654468 luhut-pandemi-covid-19-berhasil-dikendalikan-ekonomi-ri-membaik-CIZycFXiRu.jpg Menko Maritim dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan (Foto: Okezone)

JAKARTA - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan saat Indonesia telah berhasil mengendalikan pandemi Covid 19.

Menurutnya, hal tersebut terlihat dari data rawat inap rumah sakit, bed occupancy rate (BOR) hingga jumlah orang yang meninggal masih terkendali. Jija dibandingkan pada puncak pandemi Covid Delta dan Omicron.

Luhut meminta masyarakat untuk terus menjaga keseimbangan dari berbagai aspek kesehatan dan membantu pemulihan ekonomi dari penanganan pandemi saat ini.

Adapun dari kondisi pandemi yang terkendali ini, Luhut menyampaikan bahwa pertumbuhan ekonomi pada kuartal kedua di 2022 mencapai 5,44 persen year on year. Hal itu, menurutnya telah melampaui prediksi dari berbagai pihak.

"Ini artinuya masyarakat mulai belanja, berpergian dan bersosialisasi secara normal. Dan capaian investasi sejauh ini menunjukkan performa yang cukup baik sekali dan stabil selama masa pandemi," kata Luhut dalam acara Market and Investment Outlook 2022 yang dipantau secara virtual, Kamis (25/8/2022).

Lebih lanjut, luhut mengatakan Penanaman Modal Asing (PMA) dan dalam negeri (PMDN) mampu tumbuh tinggi di angka 35,5 oersen year on year pads triwulan II 2022.

Baca Juga: Peduli Pejuang Kanker, Donasi Rambut Bersama Lifebuoy dan MNC Peduli Tengah Berlangsung!

"Pertumbuhan kredit investasi dan modal kerja juga telah kembali mencapai double digit," katanya.

Meski demikian, Luhut menyadari bahwa saat ini kondisi perekonomian dunia tengah dilanda inflasi yang tinggi. Hal inflasi yang tinggi tersebut akan mempengaruhi perekonomian Indonesia.

Oleh karena itu, Luhut mengatakan bahwa pemerintah saat ini fokus pada menjaga daya beli masyarakat dan memastikan investasi yang sudah masuk dapat terlaksana.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini