Share

Ada Kereta Cepat di 2023, Nasib Travel Jakarta-Bandung Gimana?

Shelma Rachmahyanti, MNC Media · Jum'at 26 Agustus 2022 05:06 WIB
https: img.okezone.com content 2022 08 25 320 2654610 ada-kereta-cepat-di-2023-nasib-travel-jakarta-bandung-gimana-LsZ0WuWAjm.jpg Kereta Cepat (Foto: Okezone.com/KCIC)

BANDUNG - Proyek kereta cepat Jakarta-Bandung ditargetkan selesai pada 2023. Lantas bagaimana nasib bisnis travel Bandung-Jakarta yang sejauh ini tumbuh subur menghubungkan antar dua wilayah tersebut?

Direktur Utama PT Citra Maharlika Lintas Wahana atau Lintas Shuttle Ori Setianto mengatakan, persaingan bisnis transportasi Bandung-Jabodetabek kedepan akan semakin kompleks.

Tak hanya bersaing dengan sesama travel, tapi juga dengan pesawat terbang dan kereta cepat yang sebentar lagi akan beroperasi.

"Ke depan saingan kami akan semakin banyak. Tak hanya travel, pesawat, bus, tapi akan ada kereta cepat, " kata Ori pada acara training bagi driver Lintas Shuttle di Pasteur Drop Point Lintas Shuttle Pasteur, Jalan Djunjunan, Bandung, Rabu (24/8/2022).

Kendati begitu, dia menyebut, Jakarta Bandung adalah rute gemuk.

Cocok untuk pengembangan bisnis shuttle dengan spesifikasi mengantarkan penumpang ke titik atau daerah terkecil.

Baca Juga: Peduli Pejuang Kanker, Donasi Rambut Bersama Lifebuoy dan MNC Peduli Tengah Berlangsung!

Ini akan menjadi kelebihan tersendiri bagi travel di tengah segera beroperasinya kereta cepat.

"Kereta cepat itu moda transportasi alternatif, kita tidak head to head dengan kereta cepat. Target marketnya berbeda. Tiket saja kan berbeda, mereka Rp300 ribuan, artinya marketnya berbeda, " jelasnya.

Selain itu, rute kereta cepat juga terbatas di dua pemberhentian saja. Sementara travel akan lebih leluasa menjangkau daerah kecil atau pusat kota.

"Sesekali mereka (penumpang) akan coba kereta cepat, tapi kalau harga lumayan mahal, akan jadi petimbangan juga. Sedangkan penggunaan shuttle adalah pekerja komuter," katanya.

Baca Selengkapnya: Kereta Cepat Jakarta-Bandung Beroperasi 2023, Pengusaha Travel Makin Untung?

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini