Share

Kini PNS Kemenkeu Kerja Sampai Jam 11 Malam

Michelle Natalia, Sindonews · Senin 05 September 2022 14:47 WIB
https: img.okezone.com content 2022 09 05 320 2661125 kerja-24-jam-sri-mulyani-siapkan-bonus-untuk-pns-kemenkeu-It8BcOQklc.jpg PNS. (Foto: Okezone)

JAKARTA - Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengatakan bahwa adanya pandemi Covid-19 memberikan dampak terhadap pola kerja baru atau new ways of working yang diterapkan di Kementerian Keuangan (Kemenkeu).

"Dengan adanya pakem new ways of working ini, suasana kerja di kantor berubah seakan tak punya jam kerja. Kantor-kantor diubah jadi tempat yang bisa dishare, sehingga aktivitas bisa bersama, working space juga dishare. Dengan cara kerja baru, akan memberikan efisiensi yang radikal," ujar Sri dalam rapat kerja dengan Komisi XI DPR RI di Jakarta, Senin(5/9/2022).

Pola kerja ini salah satunya adalah dengan mengubah ruang kerja dari yang basisnya kantoran menjadi dengan secara digital.

 BACA JUGA:Sri Mulyani: Setiap Ada Commodity Boom, Penerimaan Melonjak tapi Langsung Pingsan

"Jam kerja officially 07.30, tapi kerja berakhir jam 5 sore (17.00). Namun, akhir pekerjaan bisa sampai jam 11 malam (23.00). Karena bisa rapat malam hari sesudah makan malam dari masing-masing rumah, jam kerja jadi lama," tambah Sri.

Baca Juga: Peduli Pejuang Kanker, Donasi Rambut Bersama Lifebuoy dan MNC Peduli Tengah Berlangsung!

Dia berpesan bahwa budaya kerja harus diubah, intangible, tapi penting.

Maka dari itu, reformasi keorganisasian dan dari sisi sumber daya manusia, serta cara kerja menjadi satu paket.

Dia menamabahkan dengan aktivitas pekerjaan fisik tidak seperti sebelumnya, Sri justru memiliki rencana untuk mengubah skema rewards (penghargaan) dan punishment (hukuman) untuk para pegawainya.

"Dari sisi lembur dulu setelah jam 5 sore adalah lembur, sekarang setiap hari lembur, karena kita sekarang bekerja 24 hours, ini menimbulkan sistem insentif dengan perubahan working hour dan places. Akan fokus ke deliver, rather than melihat proses dan waktunya dari mengerjakan pekerjaan tersebut," pungkas Sri.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini